Japan Open 2023 - Sulitnya Melampaui Babak Pertama

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Separuh wakil Indonesia yang bertanding di hari pembuka Japan Open 2023, Selasa (25/7), tersisih. Bertanding di Yoyogi 1st Gymnasium, Tokyo, Jepang, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kalah dari wakil tuan rumah, sementara Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati kalah dua gim langsung dari pasangan Hong Kong. Tiga wakil "Merah Putih" lainnya melaju ke babak kedua.

Praveen/Melati, yang bertemu Yuta Watanabe/Arisa Higashino di babak pertama turnamen level BWF World Tour Super 750 ini, kalah straight games 13-21, 8-21 dalam tempo 30 menit. "Kami sudah lama tidak bertemu dan kami akui lawan lebih unggul," kata Praveen, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Kemudian, perjuangan ganda putri Apri/Fadia berujung kekalahan rubber game 12-21, 21-16, 13-21 dari Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Meski kandas di babak awal, Fadia berpendapat ada peningkatan performa permainan. "Kalau saya merasa penampilan hari ini lebih baik dari sebelum-sebelumnya, walaupun hasilnya masih kalah," tanggapnya.

Sementara, Lisa merasa ada penurunan kualitas permainan sejak ia bersama Rehan naik ke podium teratas SEA Games Kamboja 2023. Di babak 32 besar Korea Open  2023, mereka kalah dari Tang Chun Man/Tse Ying Suet dengan skor 15-21, 14-21 dalam tempo 40 menit.

"Kami sadar performa kami menurun sejak SEA Games kemarin. Ini menjadi motivasi kami untuk terus mencoba kembali ke performa terbaik. Kami di latihan sudah memperbaiki semuanya tapi memang mungkin belum kelihatan hasilnya," Lisa, memaparkan.

"Setelah ini kami mau fokus untuk turnamen berikutnya. Kami tidak mau berpikir apa-apa selain memperbaiki penampilan," kata Rehan.

Tiga wakiil Indonesia yang berhasil merebut tiket 16 besar adalah tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo, serta ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.