Indonesia International Series 2022 - Syabda: Harus Siap Mental

Syabda Perkasa Belawa (Djarum Badminton)
Syabda Perkasa Belawa (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Syabda Perkasa Belawa, menempati unggulan kedelapan pada Indonesia International Series 2022 yang berlangsung di GOR Amongrogo, 20-25 September. Ia berpendapat, persaingan antar-pemain akan berlangsung sengit dan menarik ditonton oleh khalayak. Namun, siapa pun pemain yang siap mental bakal mendapatkan hasil terbaik di turnamen ini.

"(Persaingan) kurang lebih sama. Di tunggal putra (Indonesia) kirim banyak pemain, jadi semua pemain pasti ingin juara dan motivasi juga pasti tinggi, apalagi sudah cukup lama nggak ada event internasional di dalam negeri," ujarnya, dalam sesi jumpa pers Indonesia International Series 2022 di The Victoria Hotel Yogyakarta, Senin (19/9) siang.

"Di Jogja ini banyak juga yang ketemu teman sendiri, baik sesama pelatnas maupun di luar pelatnas," Syabda, menambahkan.

Selaku pemain unggulan, anggota skuad tim Thomas Indonesia 2022 ini mengakui adanya tekanan. Di sisi lain, baik wakil tuan rumah maupun para atlet mancanegara tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk meraih poin melalui Indonesia International Series 2022. "Saya harus bisa memotivasi diri untuk dapat memberikan yang terbaik, terlebih di hadapan para penonton Indonesia," katanya.

Oleh karenanya, Syabda mematok target untuk mendulang poin sebanyak-banyaknya, baik di Yogyakarta maupun rangkaian turnamen berikutnya. Tujuannya, bisa bersanding dengan rekan-rekan sesama pelatanas yang sudah berada di jajaran peringkat atas. "Kalau target, mau cari poin sebanyak-banyaknya agar bisa mendekati teman-teman saya, seperti (Anthony) Ginting, Jonatan (Christie), dan Chico (Aura Dwi Wardoyo)," tuturnya.

"Sekarang saya ada di peringkat 240, kalau targetnya masuk 100 besar," demikian Syabda.