India Open 2023 - Jojo: Saya Kira, Saya Tidak Dikenal di India

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dukungan publik tuan rumah serta masyarakat Indonesia yang hadir secara langsung di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Kamis (19/1) siang, turut mendongkrak semangat Jonatan Christie saat bertarung di India Open 2023. Laga babak kedua melawan Zhao Jun Peng dari China tersebut akhirnya dimenangkan oleh Jojo ---sapaan akrab Jonatan-- melalui perjuangan tiga gim 21-19, 15-21, 21-12 selama 62 menit.

"Bersyukur saya bisa memenangi pertandingan. Ini untuk kali pertama di tahun 2023 saya bisa lolos ke perempat final," tanggap Jojo, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

"Gim pertama saya bisa mengontrol permainan lawan. Sementara di gim kedua, terjadi perubahan. Gantian saya yang dikontrol. Di gim kedua saya sempat blank," Jojo, menambahkan.

Lebih lanjut atlet asal klub PB Tangkas ini mengaku seolah mendapat "angin"  untuk menuntaskan gim terakhir. Saban kali memetik angka, Jojo berupaya untuk langsung memungut kok dan langsung memulai servis. "Ini untuk berusaha mendapatkan poin berikutnya dan mengganggu momentum lawan untuk bangkit," tuturnya.

"Lawan bagus, serangan juga tajam. Cuma saya belum terbiasa menghadapi lawan pemain kidal. Beberapa kali saya salah dalam membuang bola. Ini menjadi kebiasaan berbeda bagi saya. Beberapa kali 'buangan' bola yang salah dan malah mengenakkan lawan (untuk) menyerang," jelasnya.

Di lain sisi, Jojo merasa sudah dapat beradaptasi dengan hawa dingin di New Delhi. Selain itu, menurutnya, arena pertandingan pun relatif tidak berangin sehingga membuatnya lebih leluasa dalam mengontrol kok. "Di sini rasannya saya bisa bermain baik," kata Jojo.

"Ini berbeda dengan di Malaysia lalu," tambahnya.

Usai berlaga, Jojo mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan publik India serta suporter "Merah Putih" yang tak henti-hentinya mendukungnya saat berhadapan dengan pemain berperingkat 11 dunia tersebut. "Terima kasih suporter India dan penonton Indonesia yang terus mendukung saya. Saya tidak menyangka akan didukung seperti itu. Maklum, saya kira, saya tidak dikenal di India," pungkasnya.