Hylo Open 2023 - Rehan/Lisa Gagal Pertahankan Gelar Juara

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Humas PP PBSI)
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Indonesia Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati harus puas dengan posisi runner-up Hylo Open 2023. Dalam laga final di Saarlandhalle, Saarbrücken, Jerman, Minggu (5/11), pasangan berperingkat 19 dunia itu kalah tiga gim 21-15, 15-21, 14-21 dari Tang Chun Man/Tse Ying Suet asal Hong Kong, seusai bertarung selama 57 menit. Rehan/Lisa gagal mempertahankan titel kampiun turnamen BWF World Tour Super 300 tersebut.

Pada awal gim pertama, kedua pasangan langsung terlibat aksi kejar-mengejar poin hingga kedudukan 4-4. Tang/Tse sempat unggul tiga poin saat skor 9-6. Namun, duo Indonesia mampu menyamakan kedudukan pada 10-10, dan sebuah flick serve dari Lisa berhasil mengecoh Tse, sehingga mereka memimpin 11-10 saat interval.

Selepas jeda, Rehan/Lisa terus memimpin dan menguasai permainan hingga mengantongi lima game point saat skor 20-15. Mereka akhirnya mengunci kemenangan gim pembuka dengan skor 21-15.

Pada gim kedua, Tang/Tse langsung "tancap gas". Ganda campuran berperingkat 11 dunia itu berinisiatif bermain cepat dan berhasil memimpin 4-0. Namun, Rehan/Lisa kembali berhasil menyamakan kedudukan dan mengambil alih keunggulan 11-10 saat interval.

Seusai interval gim kedua, Tang/Tse mampu meraup poin demi poin lantaran sejumlah kesalahan yang dilakukan oleh Rehan/Lisa. Tang/Tse telah unggul enam game point, sebelum mengakhiri gim kedua ini dengan kemenangan 21-15.

Pada gim penentu, kembali terulang aksi susul-menyusul poin layaknya gim pembuka dan kedua. Namun, permainan cepat yang diandalkan Tang/Tse berhasil memperlebar jarak keunggulan menjadi 11-7 saat interval terakhir. Seusai jeda, meski sempat bangkit dan meraup tiga poin berturut-turut, Rehan/Lisa tampak kesulitan keluar dari tekanan lawan. Tang/Tse tampil dominan hingga pengujung pertandingan dengan perolehan tujuh championship point.

Tang/Tse akhirnya keluar sebagai juara setelah memenangi gim penentu ini dengan skor 21-14.