Hylo Open 2023 - Hari Pembuka, Apri/Fadia dan Ana/Tiwi Berlaga

Amallia Cahaya Pratiwi & Febriana Dwipuji Kusuma (Humas PP PBSI)
Amallia Cahaya Pratiwi & Febriana Dwipuji Kusuma (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dua wakil Indonesia pada sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, akan memulai perjuangan mereka pada Hylo Open 2023. Turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 300 ini digelar di Saarbrücken, Jerman, 31 Oktober-5 November. Sementara, tiga wakil lainnya pada sektor ganda campuran "Merah Putih" baru akan bertanding pada hari kedua turnamen.

Apri/Fadia, yang menempati unggulan kedua, akan meladeni pasangan asal Amerika Serikat, Annie Xu/Kerry Xu. Kedua pasangan belum memiliki rekor pertemuan.

Unggulan kelima Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi (Ana/Tiwi) akan bertemu Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa. Dalam catatan head-to-head, Ana/Tiwi unggul satu kemenangan dalam satu pertemuan dengan wakil India tersebut. Kemenangan tersebut diraih pada babak 32 besar Australian Open 2023.

Hylo Open 2023 menjadi turnamen ketiga bagi Ana/Tiwi dalam lawatan tur Eropa, seusai pasangan berperingkat 17 dunia ini mengikuti Denmark Open 2023 dan French Open 2023. Di Odense, Denmark, Ana/Tiwi berhasil menembus perempat final. Namun, di Rennes, Prancis, mereka gagal melampaui babak pertama setelah kalah dari Apri/Fadia.

"Kami merasa perkembangan kami ada kenaikan, dari cara bermain kami sudah bisa tahu mau memakai pola apa di lapangan dan tentunya kami terus berusaha untuk lebih baik lagi," ujar Ana kepada tim Humas dan Media PP PBSI, seusai bertanding pada laga terakhir mereka pada Denmark Open 2023.

Sementara, turnamen di Saarbrücken ini menjadi yang turnamen kedua bagi Apri/Fadia setelah French Open 2023. Untuk saat ini, pasangan berperingkat delapan dunia ini mengklaim enggan berpikir terlalu jauh seputar turnamen, kejuaraan, atau poin peringkat. "Kami mau menyiapkan satu langkah demi satu langkah saja," kata Apri.

"Kami tidak mau berpikir terlalu jauh seperti harus amankan tiket World Tour Finals misalnya. Kami tidak mau fokus ke sana, jalani saja yang akan datang," tegasnya.

Sementara, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, baru dijadwalkan berlaga pada Rabu (1/11).

Rehan/Lisa datang kembali ke Saarbrücken dengan status sebagai juara bertahan. Setahun lalu, ganda campuran berperingkat 16 dunia tersebut menjuarai turnamen ini berkat kemenangan atas wakil China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, lewat straight games 21-17, 21-15 dalam tempo 43 menit.