(French Open) Cobaan Pertama

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengembalikan shuttlecock.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Paris | Kendati berhasil memastikan lolos ke babak dua French Open 2018 BWF World Tour Super 750, pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus melewati cobaan pertama dengan bermain rubber game. Kevin/Marcus dipaksa bermain tiga game sebelum akhirnya menutup kemenangan 18-21, 21-12 dan 21-14 atas wakil Jerman, Mark Lamfuss/Marvin Emil Seidel, pada pertandingan yang berlangsung di stadion Pierre de Coubertin, Paris, Rabu (24/10).

"Lawan bermain bagus hari ini, pertahanan mereka rapat. Sedangkan kita masih harus beradaptasi dengan kondisi lapangan dan shuttlecock yang berbeda dari di turnamen sebelumnya," kata Marcus Fernaldi Gideon setelah pertandingan.

Pada awal game pertama, The Minions belum tampil maksimal. Bahkan, mereka beberapa kali membuat kesalahan sendiri akibat terperangkap irama permainan Mark/Marvin. Kevin/Marcus menolak disebut kondisi stamina mereka menurun pasca menjuarai Denmark Open 2018 BWF World Tour Super 750 pada pekan lalu. "Tidak ada masalah soal itu, seperti latihan kan juga setiap hari, cuma masalah adaptasi lapangan dan shuttlecock saja," jawabnya.

Sementara itu, Kevin Sanjaya Sukamuljo mengatakan bila kondisi lapangan dan shuttlecock yang terjadi di kejuaraan ini, cukup berbeda dengan turnamen sebelumnya di Odense, Denmark. Maka dari itu, The Minions, terpaksa kehilangan kemenangan di game pertamanya.

"Memang karena perbedaan lapangan dan shuttlecock yang paling mencolok. Waktu di Denmark, shuttlecock nya kencang, di sini agak lambat, jadi lawan berani main bertahan dan lebih siap pertahanannya. Di awal-awal kami juga belum siap untuk maksa," jelas Kevin.

Dengan kemenangan ini, Kevin/Marcus akan berhadapan dengan wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di babak kedua French Open 2018 BWF World Tour Super 750 untuk pertama kalinya. Hiroyuki/Yuta memastikan tiket ke babak dua usai mengalahkan pasangan Belanda, Jacco Arends/Ruben Jille dengan skor 21-10 dan 21-17.