French Open 2024 - Di Balik Kekalahan Bagas/Fikri dan Leo/Daniel

Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dua ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, gagal melampaui babak pertama French Open, setelah mengalami kekalahan dari lawan-lawan mereka asal Taiwan, Rabu (6/3). Bertanding di Arena Porte de la Chapelle, Paris, Prancis, Bagas/Fikri kalah dari Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan dengan skor 11-21, 17-21. Sementara, Leo/Daniel kalah straight games 14-21, 15-21 dari Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Aryono Miranat, mengemukakan, Leo/Daniel masih memiliki "pekerjaan rumah" untuk dapat menghentikan perlawanan Lu/Yang. "Saya sudah diskusi dengan Leo/Daniel dan mereka penasaran juga kenapa belum bisa menembus," katanya, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Kamis (7/3) petang WIB.

Dari segi persiapan, bersama tim pelatih, juara Indonesia Masters 2024 kami telah menganalisa lewat video-video pertandingan. Namun, menurut Aryono, mereka gagal dalam mengeksekusinya di lapangan. "Harus lebih tenang, lebih sabar dan akurasi pukulannya harus lebih akurat lagi," katanya.

"Lawan punya kekuatan di speed dan power, memang di kondisi lapangan ini mereka bisa lebih tangguh," Aryono, menambahkan.

Sementara, lanjutnya, Bagas/Fikri selalu berada di dalam tekanan dan kerap gagal mengantisipasi kecepatan Lee/Yang. "Terlalu pelan mainnya. Di gim kedua polanya coba diubah dan sudah benar tapi penyelesaian akhirnya kurang baik, beberapa kali harusnya ada kesempatan mendapat poin malah melakukan kesalahan sendiri," ungkapnya.

"Di sisi lain, lawan saya lihat kepercayaan dirinya bertambah setelah sukses menjadi juara di German Open minggu lalu," ujarnya.

"Pekan depan masih ada All England, jadi saya berpesan untuk tidak putus asa, fokus lagi lewat persiapan dan latihan," demikian Aryono.