French Open 2021 - Wakil Indonesia Bertumbangan, Hanya Tersisa Dua

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Pemandangan wakil Indonesia bertumbangan mengisi hari keempat French Open 2021 di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Jum`at (29/10) malam WIB. Empat dari enam wakil Indonesia kalah pada babak perempat final. Namun, satu di antara yang lolos dari babak 16 besar dipastikan bakal menjadi finalis, setelah dua ganda putra Indonesia akan saling bertarung pada partai semifinal.

Diawali dengan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menelan kekalahan dua gim langsung pada laga pembuka di hari keempat. Unggulan kedua turnamen asal Indonesia itu kalah dari pasangan Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet 21-19, 21-11. Tang/Tse kini unggul 2-1 dari tiga pertemuan Praveen/Melati.

Menyusul tumbangnya Praveen/Melati pada perempat final, unggulan kedua turnamen ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Menghadapi pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Shin Baek-cheol, pasangan yang dijuluki "The Daddies" itu akhirnya menyerah setelah dipaksa bermain tiga gim 21-16, 19-21, 13-21. Kekalahan tersebut membuat Hendra/Ahsan gagal mencapai target awal, menembus semifinal French Open 2021.

Selanjutnya, pasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto yang menjadi satu-satunya harapan Indonesia di sektor ganda putri, juga menelan hasil serupa. Fadia/Ribka kalah dari unggulan kedua asal Korea Selatan Kim So-yeong/Kong Hee-yong. Meski sempat memberikan perlawanan ketat di awal-awal pertandingan, Fadia/Ribka akhirnya hanya mampu bertahan dalam dua gim usai menyerah 19-21, 14-21.

Terakhir, giliran satu-satunya tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, yang mesti merasakan ketangguhan pemain peringkat satu dunia Kento Momota. Vito --sapaan akrabnya-- juga sempat memberikan perlawanan ketat di awal-awal pertandingan. Namun, ketahanan Vito hanya bertahan dua gim. Vito menyerah 19-21, 11-21.

Dengan demikian, Indonesia hanya menyisahkan dua wakil di sektor ganda putra, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Dua wakil "Merah Putih" itu bakal saling menyingkirkan di babak semifinal, Sabtu (30/10).

Sebelumnya, Marcus/Kevin lolos ke semifinal susai mengalahkan unggulan ketujuh turnamen asal Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan skor 21-13, 22-20. Sementara, Fajar/Rian menghentikan perlawanan unggulan kedelapan turnamen asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Fajar/Rian menang dua gim langsung 23-21, 21-18.

"Besok (Sabtu, 30/10) lawan Marcus/Kevin kami mau main enjoy saja. Sudah sering ketemu, latihan bareng juga. Sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing masing. Yang lebih siap itu yang akan menang," kata Fajar dalam siaran pers PP PBSI.