Ellis/Langridge Lolos Kualifikasi, tapi Tidak Dibawa ke Olimpiade

Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris) berusaha menggapai pengembalian.
Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris) berusaha menggapai pengembalian.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Marcus Ellis/Chris Langridge harus mengubur harapannya untuk bisa tampil di ajang Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Sebab, meski mereka lolos kualifikasi Race to Tokyo, tapi tim bulutangkis Inggris Raya memutuskan untuk tidak memberangkatkan ganda putra nomor 11 dunia itu. Padahal secara ranking kualifikasi Race to Tokyo, Ellis/Langridge ada di peringkat ke-13.

Tim bulutangiis Inggris Raya memilih pasangan Ben Lane/Sean Vendy (18 dunia) untuk tampil di Olimpiade Tokyo menggantikan Ellis/Langridge. Alasannya, Lane/Vendy dinilai lebih layak berangkat ke Tokyo karena penampilan impresif mereka saat berlaga di ajang BWF World Tour Finals 2020 di Bangkok, Thailand, Januari 2021 lalu.

Sebab, Lane/Vendy tercatat menjadi ganda putra Inggris pertama yang berhasil mencapai semifinal di kejuaraan BWF World Tour Finals 2020. Lalu, dua bulan setelahnya, mereka juga sukses membawa pulang gelar juara dari ajang Orleans Masters 2020 BWF Tour Super 100, Maret lalu.

“Merupakan perjalanan panjang untuk mencapai titik hari ini, kami dapat mengumumkan tim Olimpiade dan Paralimpiade di Tokyo. Para pemain, pelatih dan staf pendukung telah tampil dan bekerja tanpa lelah dalam keadaan paling ekstrem untuk mencapai posisi mengumumkan mereka yang telah dipilih,” kata ketua kontingen atau Chef de Mission (CdM) Olimpiade Inggris Raya, Jon Austin, dilansir detikSport.com dari laman Badminton England.

“Ada begitu banyak ketidakpastian tentang apakah Olimpiade akan dilanjutkan. Jadi berada di posisi kami akan segera naik pesawat adalah sesuatu yang saya tahu semua yang terlibat dan lega. Tapi juga menikmati kesempatan untuk tampil di puncak,” sambungnya menambahkan.

Ellis/Langridge merupakan peraih medali perunggu Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu. Sayangnya, pada edisi Olimpiade kali ini, mereka bisa ambil bagian. Meski begitu, khusus untuk Ellis, dia akan tetap mendapatkan kesempatan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Pasalnya, Ellis akan turun di nomor ganda campuran bersama Lauren Smith.

Ellis/Smith lolos ke Tokyo setelah berhasil menempati peringkat kedelapan di kualifikasi Race to Tokyo dan menggusur pasangan Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.