Denmark Open 2023 - Jalan Terjal Wakil Indonesia Menuju Perempat Final

Hendra Setiawan & Mohammad Ahsan (Humas PP PBSI)
Hendra Setiawan & Mohammad Ahsan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia mengirim 14 wakil pada turnamen bulu tangkis Denmark Open 2023. Jumlah itu berkurang dengan cepat hingga hanya menyisakan tujuh wakil pada babak 16 besar. Setelah lolos dari babak pertama turnamen level BWF World Tour Super 750 tersebut, para wakil "Merah Putih" tersisa akan berhadapan dengan lawan-lawan berat di babak berikutnya.

Babak kedua berlangsung pada Kamis (19/10) yang kembali digelar di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark. Laga "panas" tersaji di Lapangan 1 yang mempertemukan tunggal putri India, Pusarla V. Sindhu, dengan unggulan ketujuh Gregoria Mariska Tunjung. Dalam catatan head-to-head, Sindhu unggul dengan delapan kemenangan atas tunggal putri andalan Indonesia tersebut.

Di lapangan yang sama, ganda putra senior Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menantang unggulan kelima Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Ahsan/Hendra alias "The Daddies" telah mengantongi delapan kemenangan dalam 12 pertemuan dengan pasangan Malaysia tersebut.

Juga di lapangan yang sama, ganda putra Indonesia lainnya, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana akan menantang unggulan keempat asal Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Inilah pertemuan kedua kedua pasangan. Pada pertemuan pertama, juara All England 2022 itu kalah straight games 15-21, 17-21 di babak delapan besar China Open 2023 pada Agustus lalu. "Di 16 besar kami akan bertemu Kang/Seo, cukup berat. Tapi kami mau fokus untuk memberikan perlawanan yang optimal," tanggap Fikri melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Kamis (19/10) dini hari WIB.

Di Lapangan 2, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja akan menantang unggulan teratas Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Dalam rekor pertemuan, pasangan non-pelatnas itu belum pernah menang atas ganda campuran asal China tersebut, dalam tiga pertemuan. "Kami mau step by step dulu. Tidak mau berpikir terlalu jauh," tanggap Gloria.

Berikut jadwal tanding para wakil Indonesia pada babak 16 besar Denmark Open 2023, Kamis (19/10):

Lapangan 1

  • Pusarla V. Sindhu vs. Gregoria Mariska Tunjung (7)
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia/5)
  • Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan/4) vs. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

Lapangan 2

  • Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/1) vs. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1) vs. Ben Lane/Sean Vendy (Inggris)

Lapangan 3

  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi vs. Rui Hirokami/Yuna Kato (Jepang)
  • Lu Guang Zu vs. Anthony Sinisuka Ginting (2)