Denmark Open 2023 - Fajar/Rian ke Babak 16 Besar

Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengamankan satu tiket ke babak 16 besar Denmark Open 2023 seusai menghentikan perlawanan ganda putra asal Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han. Dalam pertandingan yang berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark, Rabu (18/10), Fajar/Rian menang dua gim langsung 21-18, 21-14 atas Lu/Yang.

"Pertandingan pertama bukanlah hal yang mudah, dengan adaptasi yang belum maksimal dan lawan juga bukan sembarangan. Mereka punya speed dan power yang besar. Alhamdulillah, bersyukur bisa memenangkannya," tanggap Fajar melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Kami terus menjaga komunikasi, bagaimana agar kami bisa tetap fokus poin demi poin," Rian, menambahkan.

Memulai gim pertama, seperti dilaporkan Antara, Lu/Yang mampu memimpin terlebih dahulu setelah memperoleh tiga poin beruntun untuk unggul 3-0. Fajar/Rian tampak kesulitan tampil keluar dari tekanan di awal dan terjadi kejar-mengejar poin hingga kedudukan imbang 5-5. Fajar/Rian mampu menutup interval permainan di gim pertama dengan keunggulan tiga poin, 11-8.

Selepas interval pertandingan, Fajar/Rian mampu memanfaatkan momentum untuk meraih tiga poin berturut-turut dan unggul 16-12. Unggul empat poin, Fajar/Rian justru kecolongan dan mengendurkan tempo permainan. Lu/Yang mampu mencuri enam poin berturut-turut untuk membalikkan kedudukan menjadi 18-16. Usai kecolongan, Fajar/Rian tampil menggempur habis-habisan Lu/Yang untuk menutup gim pembuka dengan kemenangan 21-18.

"Di gim pertama kami sempat unggul tapi mereka bisa bangkit dan membalikkan keadaan. Beruntung, Rian hari ini tampil luar biasa. Di poin 16-19 itu, dia bisa ambil kontrol dan membangkitkan kembali kepercayaan diri kami," jelas Fajar.

Pada gim kedua, Fajar/Rian langsung memimpin dua poin dengan skor 4-2. Ganda putra peringkat kedua dunia itu mampu menutup interval permainan dengan keunggulan tiga angka, 11-8.

Usai interval, Fajar/Rian tidak menurunkan tempo permainan hingga mampu mencatatkan empat poin berturut-turut untuk unggul 15-9. Lu/Yang mencoba keluar dari serangan-serangan mantan ganda putra peringkat pertama dunia tersebut. Namun, Fajar/Rian tampil begitu solid untuk menutup set kedua dengan kemenangan 21-14. "Di gim kedua, karena sudah menang di gim pertama, kami bisa lebih rileks dan lebih nyaman dalam bermain," Fajar, mengungkapkan.

"Setelah Asian Games, tampil di Denmark Open ini kami mencoba mencari hawa pertandingannya dulu. Karena suasana sudah pasti berbeda," tambah Rian.

Dengan hasil ini, Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil Inggris, Ben Lane/Sean Vandy, pada babak 16 besar.