BWF Umumkan Penambahan Jumlah Turnamen

Yuta Watanabe & Arisa Higashino (Djarum Badminton)
Yuta Watanabe & Arisa Higashino (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan perubahan terbaru pada jumlah turnamen World Tour untuk periode 2023-2026, dengan tambahan paling menonjol pada ajang Super 1000 yang akan menjadi empat kali dan Super 750 menjadi enam kali. Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund menyatakan, perubahan tersebut merupakan hasil dari ketertarikan positif dari para negara penyelenggara yang mengikuti penawaran pelaksanaan turnamen.

"Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang tumbuh dengan sangat cepat lewat partisipasi dan jumlah penggemar yang meningkat. Dengan lebih banyak turnamen, memberikan kita kesempatan luar biasa untuk mendorong olahraga ini dijangkau lebih banyak orang di dunia," kata Lund, dalam laporan Antara, Senin (20/6).

Penambahan jumlah turnamen, lanjut Lund, juga bakal membuka peluang lebih besar bagi keikutsertaan pebulu tangkis untuk ikut berkompetisi dalam tingkat elite dan mendapatkan pengalaman yang lebih berharga.

BWF menyebutkan akan ada tambahan satu turnamen Super 1000, dua turnamen Super 750, tiga Super 500 dan dua tambahan dari Super 300.

Malaysia Open bakal menjadi turnamen bulu tangkis kasta tertinggi di level Super 1000, mengikuti All England, Indonesia Open, dan China Open yang lebih dulu diadakan. Kemudian India Open dan Singapore Open juga naik kelas menjadi Super 750. Sementara, pelaksana turnamen di level yang sama seperti Jepang, China, Prancis, dan Denmark, tetap mempertahankan statusnya.

Pada level Super 500 kedatangan tiga tuan rumah baru, yakni Australia, Kanada, dan Finlandia, yang menyusul Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Thailand, dan Jepang.

Dua turnamen yang sebelumnya level Super 100, Hylo Open dan Orléans Masters, akan naik tingkat menjadi Super 300.

"Kami sangat terkesan dengan bidding (penawaran) yang diterima dalam jumlah besar, ini akan mempengaruhi pelaksanaan turnamen yang lebih berkualitas dalam empat tahun ke depan. Hal ini juga memungkinkan kami menawarkan hadiah uang yang lebih besar, cakupan penayangan yang lebih luas di media masa, demi mempersembahkan produk olahraga kelas dunia yang diidamkan," jelas Lund.

Berikut daftar turnamen BWF selain Super 100 pada 2023-2026:

Super 1000
1. All England
2. Indonesia Open
3. China Open
4. Malaysia Open

Super 750
1. China Masters
2. India Open
3. Japan Open
4. Singapore Open
5. Denmark Open
6. French Open

Super 500
1. Indonesia Masters
2. Thailand Open
3. Malaysia Masters
4. Finland Open
5. Australia Open
6. Canada Open
7. Hong Kong Open
8. Korea Open
9. Jepang (belum konfirmasi nama resmi)

Super 300
1. Thailand Masters
2. Spain Masters
3. US Open
4. Korea Masters
5. German Open
6. Hylo Open
7. Swiss Open
8. Taipei Open
9. New Zealand Open
10. Prancis (belum konfirmasi nama resmi)
11. India (belum konfirmasi nama resmi)