BATC 2024 - Sejarah Baru Tim Putri India

Tim putri India juara BATC 2024 (Humas PP PBSI)
Tim putri India juara BATC 2024 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim putri India mengukir sejarah baru, dengan pertama kali tampil sebagai juara Asia. Pada laga final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia atau Badminton Asia Team Championship (BATC) 2024, India berhasil menang 3-2 atas Thailand. Hasil ini menjadi bekal untuk bersaing dengan kompetitor yang lebih kuat di Piala Uber nanti.

Anmol Kharb, yang masih berusia 17 tahun, menjadi bintang tim putri India dalam partai puncak yang digelar di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Sabtu (17/2). Kharb tampil di partai kelima dan membawa India naik ke podium teratas kejuaraan Asia ini, setelah memenangkan pertandingan atas Pornpicha Choeikeewong melalui straight games 21-14 21-9.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melalui lamannya melaporkan, India merebut awal sempurna dengan kemenangan pemain tunggal Pusarla V Sindhu atas Supanida Katethong dalam waktu 39 menit. Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela di sektor ganda membangun tren kemenangan India seusai meredam perlawanan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Namun, Thailand mampu bangkit melalui pemain tunggal Busanan Ongbamrungphan yang mengalahkan Ashmita Chaliha dengan skor 21-11, 21-14. Pasukan negeri gajah putih mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard mengalahkan Priya Konjengbam/Shruti Mishra.

Sebelum laga penentu di final BATC 2024, Kharb tampil gemilang di fase penyisihan grup saat mengalahkan wakil China dan merebut kemenangan penting di semifinal atas Natsuki Nidaira dari Jepang. "Saya sangat senang dengan pencapaian medali emas, karena ini pertama kalinya India meraih emas di BATC," pebulu tangkis putri berperingkat 472 dunia ini, dikutip dari laman BWF, Minggu (18/2).

"Ini adalah hal yang besar karena sejarah telah ditulis di sini. Kemarin (setelah kemenangan semifinal), India menjadi heboh karena kami mengalahkan negara besar seperti Jepang dan China. Hari ini akan ada perayaan penuh di India dan juga di tim," Kharb, menambahkan.

"Saya memang ingin bermain 100 persen, tetapi terus terang tidak ada tekanan sama sekali. Kami yakin bisa memenangkan pertandingan kelima. Saya sangat senang karena ini adalah pencapaian besar di usia 17 tahun. Sekarang saya harus berlatih lebih keras untuk mengalahkan lawan yang lebih tangguh," Kharb, kembali menjelaskan.

Sementara, final beregu putra berjalan "berat sebelah". China menang 3-0 atas tuan rumah Malaysia. Skuad negeri jiran kehilangan dua pemain tunggal teratas mereka, Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong. Sehingga mereka tidak dapat memberikan perlawanan yang berarti, lantaran Leong Jun Hao dan Eogene Ewe di tunggal pertama dan kedua, masing-masing dikalahkan Weng Hong Yang dan Lei Lan Xi.

BATC menjadi ajang kualifikasi zona Asia untuk Piala Thomas dan Uber. Para semifinalis dipastikan mendapat tempt di kejuaraan beregu yang akan digelar di Chengdu, China, China, 27 April-5 Mei 2024, tersebut.