BATC 2024 - Indonesia Kembali Ungguli Korea Selatan

Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putra Alwi Farhan membawa tim putra Indonesia kembali unggul 2-1 atas tim putra Korea Selatan pada pertadingan fase grup ketiga Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia atau Badminton Asia Team Championship (BATC) 2024 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Kamis (15/2). Alwi menang atas Cho Geon Yeop dua gim langsung 21-13, 22-20.

"Alhamdulillah bisa menyumbangkan angka. Pertandingan tadi berjalan sengit, lawan juga tampil bagus. Cuma dari awal saya sudah mempersiapkan segalanya dan akhirnya bisa menerapkan strategi dengan baik," kata Alwi, mengutip laporan Antara.

Mengenai jalannya pertandingan, juara dunia junior 2023 itu mengaku sebenarnya ia tidak memprediksi akan bertemu dengan Cho Geon Yeop, melainkan Lee Yun Gyu, yang menjadi lawan Chico Aura Dwi Wardoyo di laga pertama.

Namun, ia mengatakan tidak mengambil pusing dan segera fokus untuk memberikan penampilan terbaik dan membawa Indonesia kembali unggul atas Korea Selatan. "Alhamdulillah saya bisa mengatasi lawan dan menunjukkan mentalitas pemain Indonesia yang tidak mau kalah," kata Alwi.

"Dari awal saya optimistis akan bisa mengalahkan lawan karena setiap hari saya berlatih melawan pemain-pemain yang bagus. Jadi saya memiliki nilai plus untuk bertanding pada sore hari ini," Alwi, menambahkan.

Ia pun berharap, dua wakil Indonesia lainnya yakni ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan tunggal putra Yohanes Saut Marcellyno bisa menyempurnakan kemenangan skuad putra "Merah Putih" di babak fase grup ini. "Setelah saya bisa membawa Indonesia unggul 2-1, saya berharap senior-senior saya bisa menerapkan permainan terbaik," kata Alwi.

"Soal hasil akhir itu biar Tuhan yang menentukan, tapi saya meminta senior-senior saya bisa tampil terbaik dan maksimal untuk menunjukkan mentalitas pemain Indonesia," pungkasnya.