Bahrain International Challenge 2022 - Tiga Wakil "Merah Putih" Lolos ke Final

Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat (Humas PP PBSI)
Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia memiliki tiga wakil di final Bahrain International Challenge 2022, yakni Ester Nurumi Tri Wardoyo pada nomor tunggal putri, Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat (ganda putra), dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (ganda putri). Laga puncak turnamen bulu tangkis yang digelar di The Bahrain Keraleeya Samajam, Manama, Bahrain, tersebut, berlangsung pada Minggu (4/12) petang waktu setempat.

Ester mengulangi pencapaian serupa pada kali ini, setelah sepekan silam berhasil mencapai partai puncak Bahrain International Series 2022. Pada pekan ini, tunggal putri Indonesia tersebut menang atas wakil India, Anupama Upadhyaya, melalui drama tiga gim 16-21, 22-20, 21-13 pada Sabtu (3/12).

Di final, pemain berperingkat 119 dunia itu akan bertemu dengan Pitchamon Opatniputh dari Thailand. Pitchamon telah mengantongi dua kemenangan dalam dua pertemuan dengan Ester.

Pada sektor ganda putra, Rayhan/Rahmat menggengam tiket final usai menundukkan
Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala, unggulan teratas asal India. Pasangan Indonesia itu menang tiga gim 21-16, 16-21, 21-15 dalam pertandingan berdurasi 67 menit.

Rayhan/Rahmat bersua dengan unggulan kedua dari Thailand, Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong. Kedua pasangan belum memiliki rekor pertemuan.

Lanny/Ribka menang atas Yujia Jin/Wong Jia Ying Crystal dari Singapura dengan skor identik 21-16, 21-16 untuk memastikan tempat di final. Di laga puncak, unggulan teratas dari India, Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela, akan menjadi lawan ganda putri Indonesia itu. Inilah laga perdana antar-kedua pasangan.

Rangkaian laga final Bahrain International Challenge 2022 didominasi oleh Indonesia dan Thailand, dengan masing-masing menempatkan tiga wakil. India memiliki dua wakil, sementara Malaysia dan Taiwan masing-masing menempatkan satu wakil pada sektor tunggal putra. Berikut susunan pertandingan final Bahrain International Challenge 2022:

Tunggal Putri
Pitchamon Opatniputh (Thailand) vs. Ester Nurumi Tri Wardoyo

Ganda Campuran
Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat (Thailand) vs. Reddy B. Sumeeth/Maneesha K (India)

Tunggal Putra
Ng Tze Yong (Malaysia/1) vs. Kuo Kuan Lin (Taiwan)

Ganda Putri
Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela (India/1) vs. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto

Ganda Putra
Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat
vs. Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong (Thailand/2)