BAC 2023 - Rinov/Pitha Ingin Lampaui Raihan Tahun Lalu

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menaruh harapan tinggi untuk mendapatkan hasil lebih baik dari Badminton Asia Championship (BAC) 2023 dibandingkan edisi tahun lalu. Pada BAC 2022, Rinov/Pitha mencapai hingga babak delapan besar. Sedangkan pada edisi kali ini, Rinov/Pitha juga sukses mengamankan tiket perempat final seusai melalui laga tiga gim di babak 16 besar.

"Alhamdulillah bersyukur bisa menembus babak delapan besar. Tahun lalu kami sampai di babak delapan besar juga, jadi pastinya mau hasil lebih tahun ini," kata Pitha pada Kamis (27/4).

Rinov/Pitha lolos dari persaingan ketat babak 16 besar, usai mengalahkan ganda campuran asal Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito, dengan skor 21-12, 16-21, 21-13, di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab.

Duo Indonesia itu sekaligus mencatatkan hat-trick kemenangan atas Midorikawa/Saito dengan menyapu bersih tiga pertemuan yang pernah dimainkan mereka. Mereka pun semakin termotivasi untuk mendapatkan hasil maksimal di Dubai. "Alhamdulillah hari ini bisa main lumayan maksimal cuma ada beberapa kesalahan di lapangan. Motivasi kami ingin mencari hasil maksimal dengan menampilkan yang maksimal juga di sini," jelas Rinov.

Antara melaporkan, pada gim pertama, Rinov/Pitha mampu mengamankan kemenangan awal berkat kemampuan mereka mengontrol permainan secara baik. Lalu pada gim kedua, Rinov/Pitha tak siap dengan perubahan pola permainan duo Jepang sehingga berbalik kalah.

Rinov/Pitha menolak mengulangi kesalahan serupa. Mereka kemudian bermain lebih ngotot pada gim ketiga agar Midorikawa/Saito tidak mengendalikan ritme permainan.

Rinov menuturkan, kualitas permainannya sudah membaik setelah sebelumnya mengalami cedera bahu. Ia pun merasa perkembangan positif terus terjadi pada kondisi kesehatannya. "Kondisi kami secara teknis dan non-teknis sudah semakin membaik walau saya masih ada recovery cedera di bahu kanan. Tapi semua terus berjalan ke arah yang terus positif," pungkasnya.