BAC 2023 - Indonesia Tanpa Vito dan Ester

Ester Nurumi Tri Wardoyo (Djarum Badminton)
Ester Nurumi Tri Wardoyo (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim Indonesia terbang ke Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (23/4) dini hari, pukul 00.30 WIB, guna mengikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championship (BAC) 2023, 25-30 April. Namun, skuad "Merah Putih" tanpa diperkuat dua pemain tunggal, yaitu Shesar Hiren Rhustavito pada tunggal putra dan Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri).

Menurut pelatih tunggal putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Indra Widjaja, Ester batal diikutsertakan karena walaupun berada di daftar tunggu nomor satu. Sesuai peraturan di kejuaraan ini tidak bisa mengganti pemain yang mundur dengan pemain di daftar tunggu setelah undian berlangsung.

"Selain Ester, Shesar Hiren Rhustavito juga batal berangkat karena alasan yang sama," demikian pernyataan PP PBSI pada Sabtu (22/4) petang WIB.

Dengan absennya Ester, sektor tunggal putri akan diperkuat Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Komang Ayu Cahya Dewi. Indra pun berpesan agar ketiga anak asuhnya itu dapat tampil maksimal di BAC 2023. "Kalau dilihat dari lawan-lawannya tidak ada yang dibilang enteng. Saya berharap apa yang sudah mereka dapat di latihan bisa kita bawa ke pertandingan nanti," jelasnya.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, persiapan latihan berjalan tanpa kendala. Gangguan cedera yang dialami khususnya oleh Komang sudah berangsur pulih. "Persiapan berjalan tanpa kendala, terutama kendala cedera. Kemarin di tur Eropa, kan, Komang tidak pergi semua karena cedera. Tetapi dua minggu ini sudah bagus latihannya dan kondisinya sudah berangsur pulih," ungkapnya.

"Melihat hasil cukup baik Gregoria dan Putri di tur Eropa maka kami siapkan terus terutama dari segi mental dan bagaimana calon-calon lawan nanti. Khusus Grego, kami mau lihat konsistensi dia lagi seperti di tur Eropa kemarin, itu juga yang kami persiapkan," demikian Indra.