BAC 2022 - Delapan Wakil Indonesia Lolos ke Delapan Besar

Siti Fadia Silva Ramadhanti & Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Siti Fadia Silva Ramadhanti & Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sebanyak delapan wakil Indonesia berhasil mencapai babak perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2022. Selain tunggal putra Jonatan Christie, ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, para wakil "Merah Putih" lainnya belum memiliki rekor pertemuan dengan lawan-lawan mereka.

Dalam catatan BWF Tournament Software, unggulan keempat Jonatan sudah empat kali bertemu dengan Loh Kean Yew asal Singapura, Pebulu tangkis Indonesia berperingkat delapan dunia itu mengantongi empat kemenangan atas juara dunia 2021 tersebut.

Sementara, Pram/Yere belum sekali pun memetik kemenangan atas lawan mereka di babak perempat final BAC 2022, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Kedua pasangan bertemu di Nusa Dua, Bali, saat berlaga di Indonesia Open 2021 dan BWF World Tour Finals 2021, yang keduanya dimenangkan oleh pasangan Jepang tersebut lewat dua gim langsung.

Catatan rekor pertemuan hampir serupa juga dimiliki Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, yang belum meraih satu kemenangan pun dalam dua kali pertemuan dengan pasangan China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping. Rinov/Pitha juga kalah straight games saat bertemu Wang/Huang di Malaysia Open 2019 dan Thailand Open 2019.

Bertempat di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina, babak perempat final BAC 2022 digelar pada Jumat (29/4) mulai pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 15.00 WIB. Berikut jadwal pertandingan para wakil Indonesia:

  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (4) vs. Kyohei Yamashita/Naru Shinoya
  • Jonatan Christie (4) vs. Loh Kean Yew (Singapura/6)
  • Chico Aura Dwi Wardoyo vs. Li Shi Feng (China)
  • Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang/2)
  • Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs. Du Yue/Li Wen Mei (China)
  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs. Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China/3)
  • Weng Hong Yang (China) vs. Anthony Sinisuka Ginting (2)
  • Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia) vs. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (4)