Axelsen Positif Covid-19, Antonsen Otomatis Juara Eropa

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen positif Covid-19.
Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen positif Covid-19.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Partai final tunggal putra Kejuaraan Eropa 2021 berakhir antiklimaks menyusul kabar hasil tes positif Covid-19 yang dialami pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen. Alhasil, partai final di nomor ini pun tidak dimainkan dan gelar juara tunggal putra Kejuaraan Eropa 2021 otomatis jatuh ke tangan kompatriotnya, Anders Antonsen.

Axelsen dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani dua kali tes. Tes pertama dilakukan Axelsen pada Sabtu (1/5) pagi sebelum pertandingan semifinal berlangsung. Axelsen pun mendapatkan hasil positif yang baru keluar setelah memenangkan laga semifinal. Dia kemudian menjalani tes kedua pada hari yang sama. Dan hasilnya juga positif.

“Tidak ada keraguan bahwa tidak ada yang saya lebih suka lakukan selain berdiri di final hari ini melawan Anders. Saya juga sangat menyesal bahwa akan memakan waktu dua pekan lagi sebelum saya bisa pulang dan melihat keluarga saya lagi,” kata Viktor Axelsen dilansir situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

“Tapi begitulah adanya. Ini adalah kondisi yang harus kami mainkan saat ini, di mana isolasi dan karantina adalah risiko yang kami ketahui saat bertanding. Saya masih tidak merasakan gejala penyakit. Sebaliknya, saya dalam semangat yang baik,” lanjutnya menambahkan.

Sesuai dengan protokol keamanan Covid-19, Axelsen kini harus menjalani isolasi di kamar hotelnya, terhitung mulai tes pertama pada Sabtu (1/5) hingga 15 Mei mendatang.

Sementara itu, selain Axelsen, pemain ganda putra Jerman, Mark Lamsfuss juga dinyatakan positif Covid-19. Dia juga tidak bisa berlaga di partai final Kejuaraan Eropa 2021 bersama pasangannya, Marvin Seiden.

“Saya sangat kecewa dan sedih karenanya. Kami berada dalam performa terbaik dan kami akan memenangkan medali emas hari ini,” ucap Mark Lamsfuss kepada Badminton Europe.