Australian Open 2023 - Menurunnya Performa Fajar/Rian

Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Sydney | Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui, performa mereka menurun sejak Korea Open 2023, meski berhasil mencapai posisi runner-up turnamen. Fajar juga menyatakan hal serupa atas pencapaian semifinal Japan Open 2023. Pada Jumat (4/8) di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, pasangan nomor satu dunia ini kandas di babak delapan besar Australian Open 2023, seusai dikalahkan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dari Korea Selatan.

"Hasil ini tentu tidak sesuai yang diharapkan. Dari turnamen Korea, Jepang, dan Australia, performanya kami menurun," tutur Fajar kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Hasilnya memang menurun," kembali, Fajar menyatakan.

Namun, juara All Englan 2023 itu tak mau terus-menurus dibebani masalah performa. Fajar menegaskan, keduanya harus berpikir ke depan guna persiapan Kejuaraan Dunia 2023 di Denmark, 21-27 Agustus. "Kami harus benar-benar mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik fisik dan teknik," kata atlet asal klub SGS-PLN Bandung ini.

Hal hampir serupa juga dinyatakan oleh Rian. Ia menilai, pencapaian perempat final di Sydney, pascakalah rubber game 16-21, 21-15, 14-21 dari Kang/Seo adalah sebuah penurunan performa. "Hasil di Sydney ini tentu menurun. Sebelumnya di Korea kami ke final, Jepang sampai semifinal, dan di sini perempat final," tanggapnya.

"Cuma dibandingkan dengan hasil sebelumnya yang kerap kalah di babak awal, hasil di tiga turnamen ini sudah ada peningkatan. Tetapi memang, belum kembali 100 persen seperti dulu lagi. Tetapi tetap ada yang harus ditingkatkan," demikian Rian.