Asian Games 2022 - Langkah Gregoria Terhenti

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Gregoria Mariska Tunjung, yang menjadi tumpuan Indonesia satu-satunya yang tersisa pada cabang olahraga bulu tangkis nomor perorangan Asian Games Hangzhou 2022, kalah dari Aya Ohori asal Jepang. Tunggal putri andalan "Merah Putih" itu 10-21, 19-21 pada babak delapan besar, di Binjiang Gymasium, Hangzhou, China, Kamis (5/10).

Gim pertama dibuka dengan dua poin pertama dari Ohori. Gregoria mencoba untuk mengejar ketertinggalannya yang jauh. Beberapa kok yang diarahkan Gregoria banyak menyangkut di net maupun melebar ke sisi luar lapangan sehingga menambah skor bagi Ohori yang unggul dan meraih interval pertama 11-2.

Selepas jeda, Gregoria berusaha dengan sabar untuk meraih poin demi poin. Namun, Ohori yang ulet dalam membalas serangan dan memiliki pertahanan rapat, mampu mempertahankan keunggulannya yang semakin jauh, 16-5 atas Gregoria.

Antara melaporkan, Gregoria mampu menahan tunggal putri peringkat 20 dunia di skor 16 dengan meraih empat poin beruntun. Kepercayaan diri itu tak berlangsung lama, menyusul Ohori yang kembali bermain menyerang, hingga akhirnya meraih game point, dan merebut gim pertama dengan skor 21-10.

Gim kedua dibuka dengan dua poin beruntun buat Gregoria yang terlihat berusaha bermain lebih sabar dalam meladeni reli-reli panjang. Tunggal putri peringkat tujuh dunia itu juga memaksa Ohori untuk bermain cepat sehingga banyak kesalahan sendiri yang membuat Gregoria unggul sementara 6-1.

Keunggulan buat Gregoria tak berlangsung lama, dengan Ohori menyusul perlahan dan hanya terpaut satu poin dari Gregoria 8-7. Namun, dengan ulet Gregoria mengamankan interval gim kedua 11-9.

Setelah interval gim kedua, Ohori semakin percaya diri hingga mampu mengungguli Gregoria 12-11, sampai wakil Indonesia memberikan serangan-serangan dan memimpin lagi 14-13. Perebutan angka di gim kedua berlangsung lebih sengit dan ketat. Kedua tunggal putri berusaha untuk lebih dekat menuju match point di poin-poin kritis.

Di poin 17-18, Gregoria terlihat mengobati lutut kirinya dengan spray penahan rasa sakit setelah jatuh-bangun menyelamatkan bola. Pada skor 19-19, serangan menyilang Gregoria keluar lapangan, dan match point kedua direbut oleh Ohori, sekaligus menyabet gim kedua dengan skor 21-19.

Gregoria merupakan satu dari tiga wakil Indonesia yang berlaga di perempat final Asian Games Hangzhou 2022. Sebelumnya, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menelan kekalahan dari wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin, dengan skor 19-21, 18-21. Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga kalah dari wakil China Li Shi Feng lewat dua gim langsung 13-21, 17-21.