Selamat Ulang Tahun Hendra Setiawan!

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) saat menjadi Juara Dunia 2019 di Basel, Swiss.
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) saat menjadi Juara Dunia 2019 di Basel, Swiss. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tepat hari ini (25/8), Hendra Setiawan genap berusia 36 tahun. Lewat sejumlah prestasi yang pernah diraihnya, tak aneh bila dia dinobatkan sebagai legenda hidup bulutangkis Indonesia. Satu medali emas Olimpiade Beijing 2008, empat gelar Juara Dunia (2007, 2013, 2015 dan 2019) serta dua medali emas Asian Games (2010 dan 2014) adalah sebagian dari sejarah panjang prestasinya. Bukan cuma itu, sosok Hendra juga kerap menjadi teladan bagi para pebulutangkis Tanah Air bahkan dunia.

“Selamat ulang tahun. Semoga ke depan lebih baik lagi. Bisa jaga kondisi persiapan Thomas Cup dan Olimpiade. Jadi saya berharap, dengan usia yang bertambah, prestasinya juga bertambah,” kata Kepala Pelatih Ganda Putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi di akun resmi PP PBSI, @badminton.ina.

Bukan hanya Herry, juniornya, Fajar Alfian juga tak mau ketinggalan mengucapkan selamat ulang tahun buat Hendra. “Happy Birthday buat legend yang sudah 36 tahun. Semoga panjang umur, sehat selalu, prestasinya terus naik dan semoga prestasinya menular. Amin,” ucap Fajar.

Ucapan serta doa terbaik juga diungkapkan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo. “Selamat ulang tahun buat koh S (sapaan Hendra), semoga panjang umur, sehat selalu. Yang juara Olympic saya saja ya koh. He he he,” tutur Kevin lalu tertawa.

Perayaan ulang tahun Hendra kali ini dengan tahun sebelumnya memang cukup berbeda. Tahun lalu, dia mendapatkan kado istimewa dengan menyandang gelar Juara Dunia untuk keempat kalinya. Sekali bersama Markis Kido (2007) dan tiga kali dengan Mohammad Ahsan (2013, 2015 dan 2019). 2019 boleh dibilang menjadi tahun yang manis buat Hendra. Selain menjadi Juara Dunia, bersama Ahsan, dia juga sukses menyabet gelar All England 2019 BWF World Tour Super 1000 serta BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou, Tiongkok.

Dalam sejarah bulutangkis, tidak ada pemain putra lain yang sanggup mengulang prestasi menjadi juara dunia dalam rentang 12 tahun! Khusus bagi Hendra, dengan koleksi empat gelar, dia menjadi pria Indonesia tersukses dalam sejarah Kejuaraan Dunia. Jumlah empat gelar itu sama dengan yang didapatkan legenda ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir.

“Saya nggak menyangka di tahun 2019 bisa jadi juara di All England dan Juara Dunia. Semoga ini jadi motivasi saya kedepannya. Ya, kita bisa juara di usia yang tidak muda lagi, itu yang paling spesial,” ungkap Hendra Setiawan setahun lalu usai Juara Dunia dikutip badmintonindonesia.org.

Sekarang, di usianya yang menginjak 36 tahun, Hendra masih berambisi untuk terus mengukir prestasi. Target terdekatnya adalah membawa pulang Piala Thomas 2020 yang akan berlangsung di Aarhus, Denmark pada 3 hingga 11 Oktober mendatang. Sedangkan target berikutnya, jelas Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur hingga tahun depan.

 

Selamat Ulang Tahun Hendra Setiawan! Semoga bisa terus membanggakan bulutangkis Indonesia.