Polytron Superliga Junior 2023 - Jaya Raya Mendominasi Final

Firdasari & Miftaqul Putri Ayudis (Djarum Badminton)
Firdasari & Miftaqul Putri Ayudis (Djarum Badminton)
Superliga Junior ‐ Created by EL

Magelang | Skuad muda PB Jaya Raya mendominasi partai puncak Polytron Superliga Junior 2023, dengan menempatkan empat wakil pada kategori U17 putra dan putri serta U19 putra dan putri. Final kategori U17 berlangsung pada Sabtu (13/5) di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, yang mempertemukan antara Bangthongyord Thailand dan PB Jaya Raya pada sektor U17 Putri. Kemudian, PB Djarum bertemu PB Jaya Raya pada sektor U17 Putra.

Skuad U17 putri PB Jaya Raya melaju ke final setelah di babak empat besar berhasil memenangi pertarungan ketat melawan PB Djarum dengan skor 3-2. Kemenangan Jaya Raya harus dipastikan setelah melakoni partai kelima melawan skuad PB Djarum. Sempat unggul melalui pertandingan di nomor tunggal untuk Jaya Raya, keadaan berbalik dengan dua kemenangan beruntun PB Djarum berkat pasangan Angelita Magdalena Yusup/Rasi Joase Niakhe Munajad dan pemain tunggal Jolin Angelia.

Namun, pada partai keempat yang mempertemukan Jania Novalita Situmorang/Nadia Pritasari dari Jaya Raya Vs Riska Anggraini/Salsabila Zahra Aulia asal PB Djarum, Jaya Raya kembali memetik kemenangan untuk menyeimbangkan skor menjadi 2-2.

Pertandingan pun berlanjut ke partai kelima antara pemain tunggal Jaya Raya, Miftaqul Putri Ayudis melawan Shaafiya Yasmin Maitsa dari PB Djarum. Bermain alot di gim pertama dengan kemenangan tipis 21-18 untuk Shaafiya, Putri mampu membalikkan keadaan dengan meraih gim kedua, 21-19. Di gim ketiga, Putri memastikan klubnya melaju ke babak final usai menang 21-19. "Saya senang banget, karena dari kemenangan saya ini, Jaya Raya bisa ke final," ujarnya.

"Tadi memang di gim pertama saya main kurang tenang. Tapi setelah dapat arahan dari Kak Ida (pelatih PB Jaya Raya Firdasari), saya akhirnya bisa tenang untuk menjalani gim kedua. Karena gim kedua itu, selain tenang, saya perlu fokus, perlu semangat, perlu mental yang kuat juga. Apalagi poin-poinnya mepet-mepet terus. Tapi diyakinkan oleh pelatih untuk lebih berani menyerang, jangan banyak berpikir. Itu yang saya lakukan sampai akhirnya bisa menang," Putri, menjelaskan.

Sementara, pada kategori beregu U-17 putra, tiket final pertama diraih oleh PB Djarum yang berhasil meredam perlawanan Hong Kong China dengan skor 3-0. Kemenangan straight games diraih oleh dua tunggal putra Richie Duta Ricardo dan Yarits Al Kaaf Rengganingtyas, serta ganda putra Afiq Dzakwan Arief/Ghian Rizqy Sofyan.

Kemudian, di nomor pertandingan semifinal U-17 putra lainnya, PB Jaya Raya berhadapan dengan PB Mutiara Cardinal Bandung. Sempat kalah 0-1 di partai pertama, Jaya Raya mampu bangkit, menang 3-1, dan merebut tiket ke partai puncak berkat tiga kemenangan beruntun dari Chistian Aldo Sanjaya/Muhammad Hanafi Rizkillah, Yusack Christian, dan M. Raffy Raffael Hernanda/Mochammad Billawal Aryo Jatmiko. Hasil ini mengantarkan Jaya Raya berlaga di babak final berhadapan dengan PB Djarum.

Persaingan di babak final dipastikan akan berlangsung seru dan sengit demi memperebutkan empat piala bergengsi yaitu Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra), Piala Yuni Kartika (U-17 Putri). Selain itu, para atlet junior tersebut juga akan bersaing untuk membawa pulang total hadiah lebih dari Rp1 miliar.