Ke Cipayung, Taufik Hidayat Beri Dukungan

Nasional ‐ Created by BAZ

JAKARTA - Olimpiade jadi ajang multievent kasta tertinggi yang punya gengsi besar bagi para atlet peraih medali maupun negaranya. Untuk itu, pemerintah melalui Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) berikan dukungan penuh buat PP PBSI.

Taufik Hidayat mewakili Komandan Satlak Prima, mengunjungi markas pelatnas bulutangkis di Cipayung, Rabu (2/3). Tak hanya menengok latihan para atlet, Taufik yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua III Bidang Permainan Satlak Prima itu membahas kebutuhan atlet jelang Olimpiade.

Salah satu aspek yang bahas adalah bantuan yang akan diberikan Satlak Prima untuk bisa meningkatkan performa atlet. Dukungan itu sekaligus mendukung High Performance Program yang dicanangkan Satlak Prima di bawah kepemimpinan Ahcmad Sutjipto.

Empat dukungan itu yakni dari sisi Bio Mekanik, yang merupakan sebuah teknik untuk mendeteksi gerakan mana yang kurang sempurna yang dilakukan seorang atlet. Kedua, Sport Psychology, ilmu psikologi olahraga yang akan diterapkan tak hanya pada atlet tetapi pelatih pun harus ikut dalam sesi ini.

Nutrisi juga punya peranan penting untuk bisa mendukung stamina dan daya tahan tubuh atlet. Atlet butuh panduan lengkap untuk menjaga asupan gizi para atlet, termasuk di dalamnya suplemen maupun vitamin pendukung stamina.

Aspek terakhir yakni strength condition yang meliputi proses recovery seorang atlet, berapa lama dia dapat mengembalikan kebugarannya setelah bertanding dan bagaimana mempersiapkan diri jelang pertandingan selanjutnya. Dukungan ini diharapkan mampu membantu PBSI dalam menekan gap antara standard prestasi atlet Indonesia dan atlet kelas dunia secara general. 

"Dukungan ini semata-mata demi kemajuan bulutangkis Indonesia. Bantuan yang diberikan Satlak Prima dalam bentuk sport science," pungkas Taufik yang merupakan mantan pebulutangkis peraih medali emas tunggal putra di Olimpiade Athena 2004 itu. 

 

Foto: badmintonindonesia.org