Juara Ketiga, Rian Puji Penampilan Daniel

Daniel Mathin/Muhammad Rian Ardianto menyambut pengembalian.
Daniel Mathin/Muhammad Rian Ardianto menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Daniel Marthin/Muhammad Rian Ardianto keluar sebagai juara ketiga ganda putra Mola TV PBSI Home Tournament. Hasil ini didapatkan Daniel/Rian usai mendapatkan tiga kemenangan dari lima pertandingan. Bertanding di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (26/6), Daniel/Rian menuntaskan laga pamungkan dengan kemenangan dua game langsung atas Leo Rolly Carnando/Mohammad Ahsan dengan skor 21-19 dan 21-12 dalam tempo 27 menit.

Meski menang straight game, Daniel/Rian sempat kerepotan meladeni permainan no lob yang diperlihatkan Leo/Ahsan. Tak mau tinggal diam, Daniel/Rian pun akhirnya mencari solusi dengan mengubah pola permainan demi mendapatkan kemenangan.

“Di awal permainan, lawan banyak main no lob panjang dan mereka dapat banyak poin dari permainan ini. Jadi kita coba cari peluang dengan ubah main ke no lob pendek dulu, jelas Daniel Marthin dikutip dari Badmintonindonesia.org.

Pada hari pertama (24/6) Mola TV PBSI Home Tournament, Daniel/Rian sempat terseok-seok dan harus menelan dua kekalahan beruntun. Barulah di hari kedua (25/6), Daniel/Rian mulai menemukan pola permainannya dan berhasil menerapkan strategi jitu. Mereka pun akhirnya mendulang dua kemenangan pada pertandingan, kemarin.

Walau finis di urutan ketiga, duet Daniel/Rian tergolong sukses. Pasalnya, baik Daniel maupun Rian sama-sama bertipe pemain belakang yang notabene punya kekurangan dalam mengatur serangan. Namun Daniel/Rian berhasil membuktikan jika mereka mampu memecah kebuntuan dan punya inisiatif untuk lebih mengatur permainan.

Untuk itu, Muhammad Rian Ardianto yang saat ini menduduki peringkat enam dunia lantas memuji penampilan Juara Dunia Junior 2019 itu. Menurut Rian, Daniel sudah tampil baik selama turnamen ini.

“Daniel bermain cukup baik selama turnamen ini, yang perlu ditambahkan adalah sebagai pemain belakang, coba lebih inisiatif di permainan depan, jadi bisa cover di area depan juga. Saya juga masih terus belajar di bagian ini, beber Rian.

 

Berikut rekap hasil pertandingan Daniel/Rian sepanjang Mola TV PBSI Home Tournament:

  • Daniel Marthin/Muhammad Rian Ardianto vs Leo Rolly Carnando/Mohammad Ahsan (21-19 dan 21-12)
  • Daniel Marthin/Muhammad Rian Ardianto vs Hendra Setiawan/Pramudya Kusumawardana Riyanto (21-12 dan 21-7)
  • Daniel Marthin/Muhammad Rian Ardianto vs Marcus Fernaldi Gideon/Muhammad Shohibul Fikri (20-22, 21-19 dan 21-12)
  • Daniel Marthin/Muhammad Rian Ardianto vs Fajar Alfian/Yeremia Erich Yotje Yacob Rambitan (15-21 dan 17-21)
  • Daniel Marthin/Muhammad Rian Ardianto vs Kevin Sanjaya Sukamuljo/Moh. Reza Pahlevi Isfahani (14-21 dan 18-21)