(Badminton Asia Championships 2018) Empat Ganda Putra Indonesia Siap Bersaing

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.
Nasional ‐ Created by AH

Badminton Asia Championships 2018 mulai pekan depan akan berlangsung di Wuhan, Tiongkok. Tim Indonesia mengirimkan skuad terbaik, minus pasangan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang absen karena Marcus baru saja melangsungkan pernikahan pada 14 April lalu.

Kejuaraan yang akan berlangsung pada 24-29 April 2018 ini juga menjadi ajang penilaian bagi tim ganda putra yang berada di bawah pimpinan kepala pelatih Herry Iman Pierngadi. Herry bakal menilai penampilan sejumlah pasangan ganda putra, terkait persiapan menuju Piala Thomas 2018.

Indonesia punya empat wakil ganda putra di BAC 2018. Mereka adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Angga Pratama/Rian Agung Saputro dan Berry Angriawan/Hardianto.

"Test terakhir ada di BAC. Turnamen ini jadi patokan akhir, bukan penentu ya, beda lho. Kalau penentu itu pasti, artinya siapa yang terbaik di BAC itu pasti masuk tim, kalau patokan ya kita lihat lagi. Penilaian ini sudah berjalan dari awal tahun, pada turnamen di Malaysia, Indonesia, India, Jerman, Inggris dan Asia Team Championships di Malaysia," jelas Herry.

"Sampai saat ini saya terus mempersiapkan Hendra/Ahsan, penampilan mereka cukup baik di Asia Team Championships lalu. Dalam team event, pengalaman mereka sebagai senior memang penting untuk tim," tutur Herry.

Satu slot ganda putra sudah hampir pasti diamankan pasangan Kevin/Marcus. Setelah beberapa kali absen latihan demi mempersiapkan hari pernikahannya, Marcus akan kembali latihan pada minggu depan. Meskipun demikian, absennya Marcus dipandang Herry bukanlah suatu masalah bagi pasangan yang dijuluki pemain putra terbaik tahun 2017 oleh BWF (Federasi Bulutangksi Dunia).

"Mau diuji bagaimana lagi? ha ha ha, ya tinggal dijaga saja kondisinya, mereka sudah membuktikan penampilan di beberapa turnamen. Mungkin setelah married mainnya lebih terbang-terbang, karena kan happy sudah menikah, ini bisa saja," canda Herry.

"Minggu depan Sinyo (Marcus) sudah balik latihan kok. Saya kasih waktu satu minggu, dia mau honeymoon dulu ke Labuan Bajo. Kalau Kevin tetap latihan terus seperti biasa," pungkasnya.

Di BAC 2018, tim Indonesia akan diwakili oleh pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan lainnya.