(World Junior Championships) Belum Tertandingi

Ghifari Anandaffa Prihardika/Lisa Ayu Kusumawati menyambar pengembalian tanggung.
Ghifari Anandaffa Prihardika/Lisa Ayu Kusumawati menyambar pengembalian tanggung. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Toronto | Kekuatan empat pasangan ganda campuran Indonesia masih belum tertandingi alias tak terbendung setelah memastikan lolos ke babak perempat final BWF World Junior Championships 2018, Jumat (16/11). Sektor ganda campuran di fase delapan besar, rupanya berhasil didominasi wakil Indonesia. Bahkan, pasukan Garuda Muda punya peluang untuk mempertandingkan all Indonesian semifinal.

Lewat pertandingan yang berlangsung di Markham Pan Am Center, Ontario, Ghifari Anandaffa Prihardika/Lisa Ayu Kusumawati mendapatkan tiket terakhir ke perempat final usai mengalahkan pasangan ganda campuran muda Korea, Dong Ju Ki/Kim A Young dengan skor 19-21, 21-16 dan 21-7. Meski menang, Ghifari/Lisa sempat diselimuti ketegangan di game pertama. Namun keduanya berhasil keluar dari tekanan dan memperlihatkan permainan yang apik.

“Game pertama saya banyak mati sendiri, jadi Lisa juga kebawa tegang. Makanya di game kedua kata pelatih saya harus lebih tenang lagi. Di game ketiga kita sudah lebih percaya diri karena udah megang game kedua,” ujar Ghifari Anandaffa Prihardika.

Selain Ghifari/Lisa, tiket perempat final BWF World Junior Championships 2018 juga berhasil diamankan Pramudya Kusumawardana Riyanto/Ribka Sugiarto, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil.

Pramudya/Ribka menang dua game langsung 21-18 dan 21-18 atas wakil Korea, Tae Yang Shin/Lee Jung Hyun. Begitupun dengan Rehan/Fadia yang juga memulangkan pasangan ganda campuran Korea, Seung Hyun Kim/Eun Seo Jang lewat kemenangan 21-18, 15-21 dan 21-15. Sedangkan Leo/Indah harus bermain rubber game untuk mengalahkan wakil Taiwan, Yu Sheng Po/Li Zi Qing dengan skor 21-18, 20-22 dan 21-10.

Di babak perempat final BWF World Junior Championships 2018, Leo/Indah akan bertemu pasangan Malaysia, Chia Wei Jie/Ee Wei Toh. Pun demikian dengan Rehan/Fadia yang juga berhadapan dengan wakil Negeri Jiran, Choong Hon Jian/Pearly Koong Le Tan.

Sementara Pramudya/Ribka akan ditantang pasangan Tiongkok, Shang Yichen/Zhang Shuxian. Sedangkan Ghifari/Lisa akan bertemu wakil Korea lagi, Wang Chan/Jeong Na Eun. “Buat besok lebih fokus lagi mainnya, lebih tenang. Penampilan kita masih naik turun sejauh ini,” kata Lisa Ayu.