(World Championships) Menang Mudah, Gregoria ke Babak Tiga

Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia) bersiap menyambar pengembalian tanggung.
Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia) bersiap menyambar pengembalian tanggung. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu tempat di babak tiga World Championships 2019 berhasil diamankan pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung usai memetik kemenangan mudah 21-14 dan 21-10 atas wakil Thailand, Busanan Ongbamrungphan pada pertandingan yang berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Selasa (20/8). Lewat durasi pertarungan 30 menit ini, Gregoria sekaligus memperbaiki catatan pertemuan atas Busanan menjadi imbang 2-2.

Sejak awal laga, tunggal putri asuhan PB Mutiara Cardinal bandung ini mampu mengambil alih jalannya pertandingan. “Tadi Puji Tuhan mainnya sudah lumayan enak. Beberapa kali juga sudah latihan di lapangan yang sama. Terus lawan juga tadi keadaannya nggak fit. Jadi pergerakannya kurang lepas. Mungkin ada sedikit masalah di kakinya, atau dimana, saya kurang tahu, tapi dia kelihatan kurang leluasa,” kata Gregoria Mariska Tunjung.

Lolos ke babak tiga World Championships 2019, Gregoria akan kembali berhadapan dengan wakil Thailand, yakni pemenang antara Ratchanok Intanon dan Nitchaon Jindapol yang baru akan bertanding malam nanti. Gregoria punya catatan kurang menyenangkan kala bersua Ratchanok. Dari lima pertemuan sebelumnya, Gregoria belum pernah membukukan kemenangan atas tunggal putri peringkat enam dunia itu. Tapi andai bertemu Jindapol, catatan head to head membuktikan bila Gregoria unggul 2-1.

“Kalau untuk Ratchanok kemarin terakhir ketemu di Indonesia Open, rubber game. Jadi pengennya besok main semaksimal mungkin dulu. Main lebih bagus dari pada tadi. Pengen mengeluarkan yang terbaik. Kalau lawan Jindapol terakhir ketemu sudah lumayan lama, habis ini mau liat lagi permainannya dia gimana. Mungkin nanti malam baru akan mempelajari lagi. Yang jelas harus fight,” tuturnya.

Pertemuan terakhir Gregoria dengan Ratchanok terjadi di ajang Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000, Juli lalu. Saat itu, Gregoria kalah dengan skor 21-13, 19-21 dan 15-21. Sementara dengan Jindapol, Gregoria menang pada pertemuan terakhir di Piala Uber 2018, dengan skor 21-10 dan 22-20.

“Evaluasinya hampir sama, dari beberapa pertemuan yang lalu dengan Ratchanok, saya pasti kalahnya rubber game, dan masalahnya di fisik. Jadi pasti harus lebih siap fisiknya. Lawan Ratchanok pasti nggak mudah, jadi saya harus siap semuanya, fisik, mental terus juga cara main, harus lebih kerja keras dan mengimbangi dia terus,” jelasnya.

“Targetnya ke delapan besar. Sebetulnya peluang ada, jadi saya pengen ngejar itu dulu. Memang nggak mudah, tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya,” tandasnya.