Vietnam International Challenge 2023 - Tiga Ganda Indonesia Tembus Final

Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (Djarum Badminton)
Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tiga ganda Indonesia memastikan tiket final Vietnam International Challenge 2023, seusai meraih kemenangan di babak empat besar yang berlangsung di Tay Ho District Stadium, Hanoi, Vietnam, Sabtu (25/3). Para pasangan "Merah Putih" tersebut adalah Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata pada ganda campuran, Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum (ganda putri), dan Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso (ganda putra).

Laga pembuka turnamen seri International Challenge tersebut dibuka dengan laga antara unggulan teratas Jafar/Aisyah dan Kim Young Hyuk/Lee Yu Lim dari Korea Selatan. Jafar/Aisyah menang tiga gim 10-21, 21-17, 21-16 atas unggulan ketiga tersebut dalam pertandingan berdurasi 53 menit.

Tren kemenangan para wakil Indonesia terus belanjut setelah ganda putri Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum menghentikan laju unggulan kedua Hsieh Pei Shan/Tseng Yu-Chi. Jesita/Febi menang straight games 21-17, 21-16 atas pasangan dari Taiwan itu.

Pada laga penutup rangkaian pertandingan babak empat besar mempertemukan pasangan Malaysia Junaidi Arif/Roy King Yap dengan Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso. Pertarungan tiga gim berdurasi 70 menit tersebut akhirnya dimenangkan oleh juara Indonesia International Series 2022 di Yogyakarta itu, dengan skor 15-21, 21-18, 16-21

Indonesia gagal meloloskan satu wakilnya pada nomor tunggal putra, setelah Tommy Sugiarto mundur dari pertandingan pada gim ketiga melawan unggulan ke-14 asal Jepang, Takuma Obayashi. Setelah kalah pada gim pertama dengan skor 16-21, Tommy mampu bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat kemenangan 21-19 pada gim kedua. Namun, putra legenda bulu tangkis Indonesia Icuk Sugiarto tersebut memutuskan menarik diri dari pertandingan saat skor 5-13.

Belum ada keterangan resmi terkait mundurnya Tommy pada gim penentu di semifinal tunggal putra tersebut.

Berikut susunan pertandingan para wakil Indonesia di semifinal Vietnam International Challenge 2023, Minggu (26/3):

  • Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (1) vs. Tanupat Viriyangkura/Ornnicha Jongsathapornparn (Thailand)
  • Lee Yu Lim/Shin Seung Chan (Korea Selatan/8) vs. Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum
  • Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso vs. Jin Yong/Na Sung Seung (Korea Selatan/3)