(US Open 2018) Zhang Beiwen Kandas, Tiongkok Raih Tiga Gelar Juara

Zhang Beiwen.
Zhang Beiwen.
Internasional ‐ Created by AH

Selesai sudah rangkaian turnamen US Open 2018 yang sudah berlangsung sejak Selasa (12/6) dan selesai pada Minggu (17/6) kemarin. Turnamen berlevel super-300 BWF tersebut sudah memiliki daftar juara di nomor masing-masing. Tiongkok mampu tampil sebagai juara umum dengan raihan tiga gelar juara.

Bertanding di Fullerton Titan Gym, babak final dibuka dari pertandingan nomor tunggal putra yang mempertemukan Lee Dong Keun (Korea) menghadapi unggulan enam asal Belanda, Mark Caljouw. Sempat tertinggal di game pertama, Lee Dong Keun akhirnya mampu membalas di dua game selanjutnya dan memastikan gelar juara.

Podium Tunggal Putra US Open 2018 (Photo Credit: Twitter @USABadminton)

Di pertandingan berikutnya, turun bertanding wakil tuan rumah satu-satunya yang juga merupakan unggulan satu, Zhang Beiwen. Menghadapi peraih medali emas Olimpiade 2012, Li Xuerui, Zhang harus mengakui keunggulan lawannya dalam pertandingan rubber game.

Dengan hasil tersebut, tuan rumah harus puas dengan raihan satu medali perak. Zhang Beiwen menjadi pebulutangkis pertama dalam empat tahun terakhir yang mampu meraih medali di US Open. Menariknya, Empat tahun lalu, Zhang Beiwen juga lah yang mampu menuntaskan dahaga tuan rumah untuk meraih medali juara. Kala itu, Zhang Beiwen tampil sebagai juara usai mengandaskan Kana Ito (Jepang).

Podium Ganda Campuran US Open 2018 (Photo Credit: Twitter @USABadminton)

Sementara itu, tiga gelar lainnya mampu diraih oleh Tiongkok dan Malaysia. Tiongkok mampu meraih gelar di nomor ganda putri melalui Tang Jinhua/Yu Xiaohan dan ganda putra melalui Ou Xuanyi/Xiangyu Ren. Sementara Malaysia mampu mencuri satu gelar juara melalui Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Hasil Lengkap Babak Final US Open 2018:

  • MS: Lee Dong Keun [KOR] vs Mark Caljouw [NED] 14-21 21-17 21-16
  • WS: Li Xuerui [CHN] vs Beiwen Zhang [USA] 24-26 21-15 21-11
  • WD: Tang Jinhua/Yu Xiaohan [CHN] vs Kim Hye Jeong/Kim So Yeong [KOR] 18-21 21-13 21-15
  • XD: Chan Peng Soon/Goh Liu Ying [MAS] vs Marvin Emil Seidel/Linda Efler [GER] 21-19 21-15
  • MD: Ou Xuanyi/Ren Xiangyu [CHN] vs Kang Min Hyuk/Kim Won Ho [KOR] 16-21 21-16 21-17