Tiongkok Tarik Keikutsertaannya di Seri Asia

Ganda campuran nomor satu dunia asal Tiongkok, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dipastikan mundur dari seri Asia.
Ganda campuran nomor satu dunia asal Tiongkok, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dipastikan mundur dari seri Asia.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim bulutangkis Tiongok memutuskan untuk mundur dari dua turnamen Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 dan BWF World Tour Finals yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand mulai 12 hingga 31 Januari 2021 mendatang. Keputusan tersebut dikonfirmasi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) melalui laman resminya pada 29 Desember 2020.

“BWF telah mengonfirmasi hasil undian untuk Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 (12-17 Januari 2021) dan Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 (19-24 Januari 2021). Asosiasi Bulutangkis Tiongkok (CBA) juga telah mengonfirmasi penarikan timnya dari kedua turnamen tersebut,” tulis pernyataan BWF di situs resminya, bwfbadminton.com.

Alasan tim bulutangkis menarik mundur keikutsertaannya dari seri Asia cukup sederhana. Mereka dilarang bepergian ke luar negeri karena khawatir akan penyebaran wabah virus korona. Keputusan tersebut juga sekaligus membuat Tiongkok absen untuk pertama kalinya dari gelaran BWF World Tour Finals atau Superseries Finals sejak 2008 lalu.

“Melalui konferensi online, Asosiasi Bulutangkis Tiongkok meminta maaf karena harus mundur dari turnamen karena kekhawatiran COVID-19,” kata Presiden Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT) Khunying Patama Leeswadtrakul, yang juga menjabat sebagai wakil presiden BWF dalam laman The Nation Thailand dilansir detikSport.

Sementara itu, tim bulutangkis Indonesia dipastikan tetap berlaga pada seri Asia ini. Persiapan tes swab hingga akomadasi para atlet Indonesia untuk bertolak ke Negeri Gajah Putih pun sudah disiapkan. Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto.

“Tetap tampil kok (di tiga turnamen Thailand). Sudah (tiket dibeli). Tanggal 2 Januari (atlet) akan di tes swab dulu, lalu tanggal 4 Januari berangkat,” tutur Bambang Roedyanto.