Tiongkok Tanpa Chen Long

Chen Long (Foto: BADMINTONPHOTO/Shi Tang)
Chen Long (Foto: BADMINTONPHOTO/Shi Tang)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Chen Long dipastikan absen dalam kejuaraan bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman 2021 yang akan dihelat di Vantaa, Finlandia, 26 September-3 Oktober. Meski tanpa atlet peraih keping perak Olimpiade Tokyo 2020 itu, Tiongkok sebagai tim yang paling dominan dengan 11 gelar juara Piala Sudirman, akan tampil dengan tim yang cukup kuat.

Dengan absennya Chen Long dalam jajaran pemain, tanggung jawab tunggal putra Tiongkok bakal berada di pundak Shi Yu Qi. Ia juga akan didukung Lu Guang Zu dan Li Shi Feng, juara Youth Olympic Games.

Situs berita Antara mengabarkan, skuat Tiongkok tetap menjadi unggulan teratas, terlebih dengan masuknya peraih emas Olimpiade, tunggal putri Chen Yu Fei dan ganda campuran Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Selain Chen Yu Fei, sektor tunggal putri Tiongkok juga bakal diperkuat He Bing Jiao dan Wang Zhi Yi yang berumur 21 tahun.

Kendati andalan ganda putra Li Jun Hui/Liu Yu Chen belum masuk dalam skuat, Tiongkok masih punya talenta lainnya, termasuk Liu Cheng, Feng Yan Zhe, He Ji Ting, dan Tan Qiang.

Berdasarkan hasil undian Piala Sudirman 2021 yang dilangsungkan pada Agustus lalu, Tiongkok berada di Grup A bersama Thailand, Finlandia, dan India

Sementara, Indonesia menjadi unggulan ketiga dalam Piala Sudirman 2021. Skuat "Merah Putih berada di bawah Tiongkok sebagai unggulan pertama dan Jepang sebagai unggulan kedua, tetapi di atas Taiwan sebagai unggulan keempat.

Menurut Kepala Bidang PP PBSI Rionny Mainaky, kali ini Indonesia memiliki Indonesia lebih besar untuk bersaing meraih gelar juara. Meski pun begitu, lanjutnya, Indonesia tak bisa menganggap remeh lawan. "Kita keluarkan permainan terbaik untuk menguntungkan tim. Tetapi, secara keseluruhan, peluang Tiongkok tetap besar," ujarnya, sebagaimana dilaporkan Kompas.

Selain Tiongkok, Jepang dan Taiwan juga akan habis-habisan di kejuaraan beregu tersebut, walau kedua negara ini tidak datang dengan kekuatan terbaiknya.