Swiss Open 2023 - Jepang Mendominasi, Pornpawee Melawan Lelah

Pornpawee Chochuwong (Djarum Badminton)
Pornpawee Chochuwong (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Para pebulu tangkis Jepang mendominasi partai puncak Swiss Open 2023 dan berhasil membawa pulang dua gelar juara dari turnamen BWF World Tour Super 300 tersebut. Tunggal putra Koki Watanabe serta ganda putri Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto naik ke podium teratas, Minggu (26/3), di St. Jakobshalle, Basel, Swiss. Gelar juara lainnya diraih Thailand pada sektor tunggal putri, India (ganda putra), dan China (ganda campuran).

Watanabe  mengakhiri perjalanannya di Swiss Open 2023 dengan manis. Ia berhasil mengalahkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen, untuk merebut titel kampiun perdananya di level Super 300. "Chou Tien Chen adalah pemain unggulan, jadi saya harus mengeluarkan semua kemampuan dan memberikan performa terbaik," jelasnya dalam laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Minggu (26/3).

"Saya yakin pertandingan ini bakal ketat, tapi saya berupaya untuk tetap menyerang tanpa harus menunggu kesalahan dari lawan," tambah pemain berperingkat 37 dunia itu.

Sementara, penantian tiga tahun "kemarau" gelar juara bagi Pornpawee Chochuwong akhirnya tuntas setelah memenangi laga final atas Mia Blichfeldt. Turnamen bulu tangkis Spain Masters 2020 adalah podium tertinggi terakhir yang berhasil dicapai pebulu tangkis Thailand berperingkat 11 dunia itu. "Kami berdua bermain tiga gim di semifinal. Saya sangat lelah hari ini. Namun, saya harus bisa mengontrol permainan dan tetap fokus dalam melalui laga penting ini," tuturnya.

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty merebut gelar juara perdana mereka sejak Rankireddy kembali dari pemulihan cedera. Ganda putra India itu menang atas wakil China, Ren Xiang Yu/Tan Qiang dengan straight games  21-19, 24-22.

Ganda putri Jepang Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto keluar sebagai juara tanpa bertanding, setelah lawan yang juga rekan senegara mereka, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, memutuskan menarik diri dari laga final. "Saya mengalami cedera bahu kanan sehingga tidak dapat bermain pada hari ini. Tentu sangat kecewa, tapi kami bersyukur dapat mencapai final," Fukushima, mengungkapkan.

Pada sektor ganda campuran, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin dari China mencatatkan "back-to-back" gelar juara di Basel, seusai memenangi titel juara turnamen level Super 100 Ruichang China Masters 2023 sepekan sebelumnya.

Berikut hasil pertandingan final Swiss Open 2023:

  • Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang) vs. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang/6) Walkover
  • Ren Xiang Yu/Tan Qiang (China) vs. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India/2) 19-21, 22-24
  • Mia Blichfeldt (Denmark) vs. Pornpawee Chochuwong (Thailand/6) 16-21, 18-21
  • Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia/6) vs. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China)  17-21, 21-19, 17-21
  • Chou Tien Chen (Taiwan/3) vs. Koki Watanabe (Jepang) 20-22, 21-18, 12-21