Spain Masters 2023 - Semua Wakil Indonesia Tembus Babak 32 Besar

Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose (Humas PP PBSI)
Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Empat wakil Indonesia yang bersaing di babak kualifikasi Spain Masters 2023, berhasil menembus babak 32 besar. Bertanding di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, Selasa (28/3), tunggal putra Christian Adinata menang pada laga pembuka kemudian dinyatakan menang tanpa tanding atau walkover pada laga kedua. Ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah juga menang walkover, sementara Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow berjuang melawan cedera sebelum memastikan kemenangan di babak kualifikasi.

Pada laga perdana di babak kualifikasi, Christian menang dua gim langsung dengan skor identik 21-15, 21-15 atas pebulu tangkis Jerman, Kai Schaefer, dalam pertandingan berdurasi 34 menit. Pada laga berikutnya, Christian menang walkover atas Jan Louda dari Republik Ceko. Di babak utama, Rabu (29/3) atlet kelahiran Pati, Jawa Tengah itu akan bertemu Cheam June Wei dari Malaysia.

Adnan/Nita menang tanpa tanding di babak kualifikasi atas wakil Australia, Kenneth Zhe Hooi Choo/Gronya Somerville. Besok, di babak 32 besar, Adnan/Nita bertemu pasangan asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith.

Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose juga berhasil menembus babak 32 besar, berkat kemenangan atas wakil ganda putri Taiwan, Hsu Yin-Hui/Lee Chih Chen. Trias/Rachel menang dua gim langsung 21-11, 21-15 dalam tempo 31 menit.

Di babak utama yang juga digelar pada hari pembuka turnamen, Trias/Rachel bertemu dengan pasangan asal Amerika Serikat, Francesca Corbett/Allison Lee.

Sementara, Amri/Winny melalui drama tiga gim untuk memastikan tempat di babak 32 besar turnamen level BWF World Tour Super 300 ini. Pasangan berperingkat 49 dunia itu menang 21-12, 20-22, 21-19 dalam tempo 51 menit atas Rohan Kapoor/Reddy Sikki dari India. Pada laga ini, Winny mengalami cedera pada pergelangan kaki, dan sempat mendapatkan perawatan dari tim medis.

"Pertama, Alhamdulillah sudah bertanding dan menang. Gim pertama kami bisa pegang permainan dari start sampai akhir dengan baik. Gim kedua awal, sebenarnya sudah bisa pegang permainan tapi tiba-tiba lawan mengubah pola permainan dan kami telat menyesuaikan. Gim ketiga tadi kami coba bermain lebih berani bermain, no lob dan pegang di depan juga lebih safe saja," jelas Amri, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Kami harus cepat adaptasi, lebih ke saling komunikasi dan mengingatkan untuk tetap tenang dan berani. Besok harus lebih in lagi dari awal dan percaya kemampuan masing-masing," tambahnya.

Besok, Amri/Winny bersua wakil Thailand, Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat, di babak utama.