(Singapore Open) Anthony Tumbangkan Peraih Emas Olimpade

Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) bersiap menghadang pengembalian.
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) bersiap menghadang pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tiket semifinal Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500 berhasil diamankan Anthony Sinisuka Ginting lewat kesuksesannya menumbangkan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 asal Tiongkok, Chen Long dalam pertarungan dua game langsung. Bertanding di Singapore Indoor Stadium, Jumat (12/4), Anthony menang 21-8 dan 21-19 dalam waktu 42 menit.

Melalui hasil manis ini, Anthony sukses memperpanjang catatan positif kala berjumpa Chen Long dengan mengoleksi enam kemenangan dari sembilan pertemuan. “Sama dengan pemain lain, kalau lawan dengan yang head to headnya lebih di bawah mungkin kelihatannya lebih percaya diri. Tapi yang pasti saya mempelajari pertandingan saya dengan dia sebelum bertanding seperti apa. Kalau menang gimana, kalau kalah seperti apa,” ujar Anthony Sinisuka Ginting.

Sukses mengalahkan Chen Long, Anthony mengaku tak ada strategi khusus. Menurutnya, banyak melakukan evaluasi dari pertemuan sebelumnya, menjadi dorongan tersendiri untuk dirinya bisa tampil lebih baik.

“Sebenarnya nggak ada kunci atau rahasia khusus. Cuma tadi game pertama posisi kalah angin, saya bebas aja mainnya mau gimana. Sekalian lihat juga apakah lawan ada perubahan dan melakukan kesalahan sendiri atau tidak. Kelihatan dia waktu menang angin di game pertama, kelihatan nggak percaya diri, serba ragu lah kelihatan dan banyak mati sendiri,” ungkapnya.

“Game kedua saya hampir kebalik sama lawan. Tapi saya belajar dari kendala selama ini kan sama, gimana cara main saat menang angin. Tadi saya banyak mengingat-ingat lagi pas lawan Wang Tzu Wei dan Kenta Nishimoto di babak pertama dan kedua. Tadi saya terapkan dan Puji Tuhan bisa berhasil,” sambungnya menjelaskan.

Di babak semifinal Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500 nanti, Anthony akan berhadapan dengan unggulan kedua asal Taiwan, Chou Tien Chen. Ini akan menjadi pertemuan kesembilan bagi Anthony dan Chou yang sama-sama berhasil mengoleksi empat kali kemenangan dari delapan pertandingan sebelumnya.

“Ketemu Chou Tien Chen balik lagi saya siapin lagi, harus recovery dan fokus lagi. Terakhir ketemu kalah, jadi harus belajar lagi gimana buat menghadapinya. Persiapannya mungkin hampir sama dengan pertandingan sebelumnya. Sudah semifinal, saya nggak mau sia-siain aja. Lebih fokus lagi saja,” tutupnya.