Singapore Open 2021 Dibatalkan, Kualifikasi Olimpiade Habis?

Logo Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). (Sumber: bwfbadminton.com)
Logo Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). (Sumber: bwfbadminton.com)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Penundaan Malaysia Open 2021 BWF World Tour Super 750 berimbas pada pelaksanaan Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500. Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA) mengumumkan bahwa turnamen yang sedianya berlangsung pada 1 hingga 6 Juni 2021 mendatang itu resmi dibatalkan. Lantas bagaimana nasib kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020?

“Asosiasi Bulutangkis Singapura dan Federasi Bulutangkis Dunia telah sepakat untuk membatalkan turnamen Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500 yang dijadwalkan pada 1-6 Juni 2021. Semua upaya telah dilakukan penyelenggara dan BWF untuk menyediakan lingkungan turnamen yang aman bagi semua peserta,” tulis pernyataan resmi BWF di bwfbadminton.com.

Wabah virus korona lagi-lagi menjadi penyebab dibatalkannya turnamen Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500 ini.

“Meningkatnya kasus COVID-19 secara global, menyebabkan tantangan kompleks dalam mengelola perjalanan masuk. Maka dari itu, demi kepentingan seluruh pemain, personil turnamen, serta kesehatan dan keselamatan masyarakat setempat, acara tersebut harus dibatalkan. BWF dapat mengonfirmasi bahwa turnamen tidak akan dijadwal ulang,” tulis pernyataan resmi BWF lagi.

Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500 sendiri merupakan turnamen terakhir yang masuk dalam perhitungan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Secara sistematis, dengan dibatalkannya turnamen tersebut, maka jendela kualifikasi Olimpiade sudah habis. Tapi, BWF menyatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan pernyataan lebih lanjut terkait hal itu.

“BWF akan mengeluarkan pernyataan lebih lanjut tentang kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 di kemudian hari,” tulis BWF.