Selain Anthony dan Jonatan, Ternyata Ada Pemain Asli Indonesia Lainnya di Olimpiade Tokyo 2020

Pemain asal Indonesia yang membela Azerbaijan, Ade Resky Dwicahyo menyambut pengembalian. (Foto: PP PBSI)
Pemain asal Indonesia yang membela Azerbaijan, Ade Resky Dwicahyo menyambut pengembalian. (Foto: PP PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Sektor tunggal putra Indonesia berhasil meloloskan dua wakilnya ke Olimpiade Tokyo 2020, yang bakal digelar Juli 2021 mendatang lewat Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Ternyata ada pemain tunggal putra asli Indonesia lainnya yang juga turut lolos ke ajang tersebut. Dia adalah Ade Resky Dwicahyo. Ade lolos ke Tokyo sebagai wakil dari Azerbaijan, negara yang telah dia bela dalam empat tahun terakhir.

Ade adalah pebulutangkis tunggal putra jebolan PB Exist Jakarta. Dia juga pernah memperkuat tim bulutangkis Indonesia pada ajang Asia Junior Championships 2016 dan World Junior Championships 2016 di Bilbao, Spanyol. Pada 2018 lalu, pemain berusia 23 tahun itu kemudian menerima tawaran untuk bertanding memperkuat tim bulutangkis Azerbaijan.

Dalam wawancara dengan Badminton Europe, Ade menjelaskan alasannya untuk menerima tawaran dari Azerbaijan. Menurut dia, penawaran tersebut bisa meningkatkan peluangnya untuk tampil di turnamen besar.

“Seperti Anda ketahui, saya asli Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara terkuat di bulutangkis. Ketika menerima tawaran dari Azerbaijan, saya mendapat peluang lebih tinggi untuk tampil pada Kejuaraan Dunia dan Olimpiade,” kata Ade Resky Dwicahyo dilansir BolaSport.com.

“Saya sudah sukses mewakili Federasi Bulutangkis Azerbaijan di kompetisi internasional selama tiga tahun. Pada periode ini, saya menjadi saksi betapa besar usaha federasi dalam pengembangan bulutangkis,” sambungnya menambahkan.

Saat ini, Ade berada di ranking 69 dunia. Sedangkan pada ranking Race to Tokyo, dia menempati peringkat ke-31 dengan raihan 23,276 poin dari 24 turnamen yang diikutinya.