(SEA Games) Tembus Semifinal, Indonesia Tantang Singapura

Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu (Indonesia) menghadang serangan.
Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu (Indonesia) menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu tempat di babak semifinal SEA Games 2019 Filipina berhasil diamankan tim beregu putri Indonesia usai memetik kemenangan 3-1 atas Vietnam pada laga perempat final yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Minggu (1/12). Selanjutnya, Gregoria Mariska Tunjung cs akan berhadapan dengan tim beregu putri Singapura yang berhasil lolos ke semifinal SEA Games 2019 Filipina berkat kemenangan tipis 3-2 atas tim tuan rumah.

“Kita tentunya bersyukur bisa menang. Walaupun tadi harus kehilangan satu poin. Setelah ini kita kembali recovery dan bersiap menghadapi semifinal,” kata manajer tim bulutangkis Indonesia, Eddy Prayitno sebagaimana dikutip dari badmintonindonesia.org.

“Dengan dua calon lawan tadi, dari awal kita waspadai semua. Filipina sebagai tuan rumah pasti punya energi besar dengan dukungan penonton. Sementara Singapura komposisi pemainnya masih di atas Filipina. Jadi dua-duanya sama harus diwaspadai,” lanjutnya menambahkan.

Menghadapi Singapura di babak semifinal nanti, skuat Merah Putih masih menurunkan materi pemain yang sama seperti saat mengalahkan Vietnam, hari ini. Eddy menuturkan jika susunan pemain ini merupakan komposisi terbaik yang dimiliki tim beregu campuran Indonesia. “Susunan pemain belum ada perubahan, karena kita pikir ini adalah susunan yang terbaik. Semoga para atlet yang diturunkan bisa maksimal dan merebut kemenangan,” tuturnya.

Gregoria Mariska Tunjung akan membuka perjuangan timnya melawan Yeo Jia Min. Tunggal putri jebolan PB Mutiara Cardinal Bandung ini punya catatan yang bagus dari Yeo. Dua kali berhadapan, Gregoria selalu berhasil memperoleh kemenangan. Kali ini, Gregoria pun diharapkan mampu mengulang kesuksesannya tersebut.

Di partai kedua, Indonesia akan menurunkan ganda putri Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu  yang akan melawan pasangan Jin Yujia/Nur Insyirah Khan. Racikan baru ini juga diharapkan bisa menciptakan kejutan untuk mempersembahkan poin bagi Indonesia.

Selanjutnya, Fitriani akan bertemu Jaslyn Hooi Yue Yann di partai ketiga. Di atas kertas Fitriani lebih diunggulkan untuk menang dengan status peringkat 27 dunia. Sementara Hooi berada di urutan 99 dunia.

Ganda putri kedua akan menurunkan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto melawan Shinta Mulia Sari/Crystal Wong Jia Ying. Terakhir sebagai penutup, Ruselli Hartawan dipasang untuk menghadapi Grace Chua Hui Zhen.

Laga semifinal beregu putri SEA Games 2019 Filipina ini akan berlangsung Senin (2/12), mulai pukul 09.00 waktu setempat. Selain Indonesia kontra Singapura, partai semifinal lainnya mempertemukan tim beregu putri Thailand melawan Malaysia.