(SEA Games) Rionny: Kita Optimistis, Tapi Jangan Lengah

Rionny Mainaky (kiri) saat memberikan arahan kepada Gregoria Mariska Tunjung.
Rionny Mainaky (kiri) saat memberikan arahan kepada Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Menghadapi tim beregu putri Singapura di babak semifinal SEA Games 2019 Filipina, Selasa (2/12), pelatih tunggal putri Indonesia, Rionny Mainaky meminta agar anak asuhannya bisa lebih siap di lapangan. Pada laga perempat final kontra Vietnam yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Minggu (1/12), sektor tunggal putri berhasil menyumbangkan dua poin dari empat partai yang dipertandingkan.

Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan mampu mempersembahkan kemenangan untuk tim beregu putri Indonesia, sedangkan Fitriani masih belum berhasil menyumbangkan poin untuk Merah Putri setelah kalah 14-21, 21-14 dan 14-21 atas tunggal putri Vietnam, Vu Thi Trang.

Kendati demikian, Rionny mengaku masih optimistis bila ketiga anak asuhannya itu bisa menyumbangkan poin kemenangan pada laga kontra Singapura, besok, dengan catatan, Gregoria cs tidak boleh lengah dan menganggap enteng lawan-lawannya nanti. “Kita optimistis, tapi jangan lengah. Mereka akan saya persiapkan lagi supaya besok lebih maksimal,” kata Rionny.

Gregoria dan Ruselli memang berhasil memenangkan pertandingan dan menyumbang poin untuk tim Indonesia. Namun keduanya mengaku masih mengalami sedikit kendala terkait kondisi angin yang tidak menentu saat berganti sisi lapangan.

“Kendalanya hampir sama, ada masalah angin yang harus dikendalikan dan dikuasai. Agak berbeda memang antara lapangan sisi satu dengan yang lain. Jadi begitu enak di game pertama misalnya, saat pindah lapangan di game berikutnya, mereka kurang siap. Ini perlu diantisipasi. Karena kalau lawannya lebih berat nanti, hal-hal seperti ini sudah tidak boleh lagi jadi gangguan,” tuturnya.

“Mereka harus bisa adaptasi lebih cepat dan juga lebih tenang di lapangan. Mereka juga harus lebih fokus dan menguasai lapangan. Tapi secara umum mereka sudah oke penampilannya,” pungkas Rionny.