(SEA Games) Kalah 1-3, Indonesia Raih Medali Perak

Tim beregu putri Indonesia raih medali perak di ajang SEA Games 2019 Filipina.
Tim beregu putri Indonesia raih medali perak di ajang SEA Games 2019 Filipina. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim beregu putri Indonesia harus puas pulang dengan raihan medali perak setelah menelan kekalahan 1-3 atas Thailand pada babak final SEA Games 2019 Filipina yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Selasa (3/12). Satu-satunya poin kemenangan bagi skuat Merah Putih berhasil disumbangkan pasangan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu yang menang dua game langsung atas Rawinda Prajongjai/Puttita Supajirakul dengan skor 21-17 dan 21-18 saat turun di partai kedua.

Dua wakil tunggal putri Indonesia, yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani belum berhasil mempersembahkan poin pada laga kali ini usai dikalahkan lawan-lawannya. Turun di partai pembuka, Gregoria harus mengakui keunggulan tunggal putri Thailand peringkat lima dunia, Ratchanok Intanon lewat kekalahan 13-21, 21-12 dan 14-21.

Sementara Fitriani yang turun di partai ketiga, tidak bisa memberikan perlawanan atas Busanan Ongbamrungphan. Fitriani pun harus menelan kekalahan cukup telak dengan skor 8-21 dan 10-21. Di partai keempat, pasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto juga terpaksa kalah dari Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong dengan skor 8-21 dan 17-21 dalam durasi permainan 41 menit.

“Kita seperti kegrebek lawan, pola kita nggak bisa keluar. Game kedua sudah ketemu polanya cuma masih kurang tenang saja di lapangan. Banyak buru-burunya,” jelas Ribka Sugiarto.

Permainan Fadia/Ribka di game pertama memang belum memuaskan. Namun saat memasuki game kedua, ganda putri asuhan PB Djarum Kudus ini mulai memberikan perlawanan. Namun sayangnya, upaya yang dilakukan Fadia/Ribka belum berbuah manis hingga akhirnya harus menyerah dan pulang dengan kalungan medali perak beregu putri SEA Games 2019 Filipina.

“Tegang sih enggak, tapi kita banyak ketekan lawan. Lawan juga mungkin sudah biasa main di beregu, pemain lama juga, sementara kita baru. Masih belum ketemu feelingnya,” tutur Siti Fadia Silva Ramadhanti.

 

Berikut hasil akhir pertandingan final beregu putri SEA Games 2019, Indonesia 1-3 Thailand:

  • Tunggal Putri 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Ratchanok Intanon: 13-21, 21-12 dan 14-21
  • Ganda Putri 1: Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu vs Rawinda Prajongjai/Puttita Supajirakul: 21-17 dan 21-18
  • Tunggal Putri 2: Fitriani vs Busanan Ongbamrungphan: 8-21 dan 10-21
  • Ganda Putri 2: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong: 8-21 dan 17-21
  • Tunggal Putri 3: Ruselli Hartawan vs Pornpawee Chochuwong: Tidak Dimainkan