(SEA Games) Indonesia Juara, Wahyu/Ade jadi Penentu Kemenangan

Selebrasi kemenangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso (Indonesia).
Selebrasi kemenangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso menjadi penentu kemenangan bagi tim beregu putra Indonesia di ajang SEA Games 2019 Filipina setelah berhasil mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dalam permainan straight game 21-16 dan 21-19 pada pertandingan yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Rabu (4/12). Tim beregu putra Indonesia keluar sebagai juara dan merebut medali emas dengan kemenangan 3-1 atas Malaysia.

“Ambisi kita memang luar biasa untuk menang di sini. Apalagi ini SEA Games pertama kita,” kata Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira selepas pertandingan.

“Alhamdulillah bisa menyumbangkan medali emas buat Indonesia. Kita tadi lebih ingin membuktikan. Pelatih sudah memberikan kepercayaan, jadi kita nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ini,” lanjut Ade Yusuf Santoso menambahkan.

Wahyu/Ade langsung tampil menekan sejak game pertama dimulai. Mereka berhasil menguasai jalannya pertandingan sedari awal hingga akhirnya berhasil memetik kemenangan 21-16. Di game kedua, Ong/Teo berbalik mendominasi pertarungan yang berlangsung selama 37 menit itu.

Wahyu/Ade sempat tertinggal 3-6, 10-13 dan 14-17 di game kedua. Perlahan tapi pasti, mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Setelah itu, kepercayaan diri Wahyu/Ade semakin tinggi hingga akhirnya menang 21-19 dan berhasil mengantarkan tim beregu putra Indonesia ke podium tertinggi di ajang SEA Games 2019 Filipina ini.

Hasil manis ini sekaligus berhasil memperbaiki catatan pertemuan Wahyu/Ade atas Ong/Teo menjadi 3-2. “Kemenangan ini untuk Indonesia, orangtua, keluarga dan kekasih saya,” tutur Ade.

“Medali emas SEA Games ini saya persembahkan khusus buat anak saya. Memang dari awal meniatkan dapet hasil terbaik untuk anak saya dan keluarga,” lanjut Wahyu.

 

Berikut hasil lengkap pertandingan babak final beregu putra SEA Games 2019 Filipina, Indonesia 3-1 Malaysia:

  • Tunggal Putra 1: Jonatan Christie vs Lee Zii Jia: 21-9 dan 21-17
  • Ganda Putra 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik: 17-21 dan 13-21
  • Tunggal Putra 2: Anthony Sinisuka Ginting vs Soong Joo Ven: 13-21, 21-15 dan 21-18
  • Ganda Putra 2: Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi: 21-16 dan 21-19
  • Tunggal Putra 3: Shesar Hiren Rhustavito vs Lim Chong King: Tidak Dimainkan