SEA Games 2023 - Tanggung Jawab Besar pada Debut Komang Ayu

Komang Ayu Cahya Dewi (Humas PP PBSI)
Komang Ayu Cahya Dewi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Phnom Penh | Komang Ayu Cahya Dewi siap menjalani debut di ajang SEA Games. Atlet kelahiran Buleleng, 21 Oktober 2002 ini menjadikan keikutsertaannya di Badminton Asia Championships (BAC) 2023 beberapa minggu lalu sebagai pengalaman, sebelum berlaga di SEA Games 2023 Kamboja, 8-16 Mei. Cabang olahraga bulu tangkis akan mempertandingkan kategori beregu putra, beregu putri, beregu campuran (peserta dengan negara terbatas), dan perorangan.

"Tadi di latihan hall-nya enak, suasananya oke, tinggal menyesuaikan lagi saja dengan arah angin dan bolanya," kata Komang Ayu melalui siaran pers Humas PP PBSI, usai melakukan latihan perdana di Badminton Hall Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (6/5) sian.

"Ini SEA Games saya pertama dan jadi tunggal putri nomor satu juga di nomor beregu. Tanggung jawab untuk menang pasti ada tapi saya jadikan itu motivasi. Main di BAC kemarin jadi pelajaran dan pengalaman bagi saya untuk tampil lebih baik lagi," Komang, menambahkan.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyatakan, "di latihan perdana tadi saya lihat anak-anak dari pergerakan, kontrol bola cukup baik. Semua juga dalam kondisi sehat dan tidak ada cedera."

Rionny juga mengingatkan anak-anak asuhnya untuk membiasakan diri dengan cuaca di Phnom Penh yang sangat terik di luar, tapi sejuk di dalam lapangan. "Anak-anak harus membiasakan diri ya dengan cuaca di sini. Di luar kan panas sekali lalu masuk ke ruangan sejuk. Ini mereka harus jaga kondisinya. Begitu juga konsentrasi dan fokus harus bagus," jelas Rionny.

"Kalau secara teknis, adaptasi dengan shuttlecock saja harus lebih lagi karena shuttlecock-nya kencang," pungkasnya.