Ruselli dan Bagas/Fikri Terhenti di Babak Pertama

Tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan. (Foto: PP PBSI)
Tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan. (Foto: PP PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim bulutangkis Indonesia kembali harus kehilangan dua wakilnya dari ajang Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300. Tunggal putri Ruselli Hartawan dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri terpaksa mengubur harapannya untuk bisa melangkah lebih jauh setelah kalah di babak pertama. Ruselli kalah dari wakil Amerika Serikat, Iris Wang. Sementara Bagas/Fikri kandas di tangan pasangan Denmark, Jeppe Bay/Lasse Molhede.

Bertanding di St. Jakobshalle, Basel, Rabu (3/3), Ruselli yang merupakan satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia di turnamen ini harus menelan kekalahan dua game langsung dengan skor 8-21 dan 11-21 dari Wang.

Ruselli sebetulnya sempat mengawali game pertama dengan keunggulan 4-2. Tapi, Wang mampu bangkit dan mencetak enam poin beruntung hingga berbalik memimpin dengan skor 8-4. Setelah itu, permainan Wang semakin membaik, sementara Ruselli tampil sebaliknya. Wang hanya memberikan empat poin tambahan bagi Ruselli dan menutup game pertama dengan kemenangan telak 21-8.

Pada game kedua, Ruselli yang sempat tertinggal mampu menyamakan kedudukan menjadi 11-11. Sayangnya dia gagal memanfaatkan momentum tersebut dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Alhasil, perolehan poin Ruselli pun terkunci di angka 11 dan Wang sukses mencetak sepuluh poin beruntun hingga akhirnya menuntaskan game kedua dengan kemenangan 21-11.

Sementara itu, Bagas/Fikri juga belum berhasil mempertahankan konsistensinya di pertandingan kemarin. Padahal mereka mampu tampil dominan dan lebih dulu mengamankan game pertama. Namun pada akhirnya, Bagas/Fikri harus menelan kekalahan 21-10, 19-21 dan 13-21 dari Bay/Molhede.

Dengan kekalahan yang dialami Bagas/Fikri dan Ruselli, maka tim bulutangkis Indonesia menyisakan empat wakilnya di kejuaraan Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300 melalui ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito serta ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando.