Piala Thomas 2020 - Vito Buka Asa Kuasai Grup

Shesar Hiren Rhustavito (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Shesar Hiren Rhustavito (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito menyelamatkan tim bulu tangkis Indonesia dari kekalahan saat berhadapan dengan Thailand, pada penyisihan Grup A Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Senin (11/10) malam waktu setempat. Vito menyudahi perlawanan Aldurach Namkul 23-21, 10-21, 21-8 dalam waktu 62 menit, guna membuka asa bagi skuad "Merah Putih" untuk menjuarai Grup A.

"Syukurlah bisa menang dan membawa Indonesia unggul 3-2 atas Thailand. Tadi terus terang saya sempat tegang juga karena harus menang untuk menyumbang poin," tutur Vito melalui siaran pers tim Humas dan Media PP PBSI.

Kondisi kritis dialami Indonesia saat dua pemain tunggal menelan kekalahan. Anthony Sinisuka Ginting yang turun di partai pembuka kalah dari Kantaphon Wangcharoen 21-16, 22-24, 22-25. Sementara Jonatan Christie yang turun di partai ketiga, takluk 10-21, 14-21 dari Kunlavut Vitidsarn.

Sedangkan pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo serta Fajar Alfian/Rian Ardianto berhasil memetik kemenangan.

Kala skor sementara imbang 2-2, Vito wajib memenangi laga penutup melawan regu putra asal Negeri Gajah Putih tersebut. Dari awal, Vito pun mengaku sangat optimistis bisa memenangi laga. Terlebih, dari sudut peringkat juga sangat jauh. Vito berada di peringkat 19 dunia, sementara Namkul di posisi 151. "Meskipun begitu, saya tidak boleh lengah. Saya yakin saja bisa menang," ujar Vito.

Menyangkut apa yang menjadi kunci kemenangan, Vito menyebut, faktor percaya diri dan menerapkan strategi bermain lebih menyerang saja. "Di gim kedua, perbedaannya terlalu jauh. Meski kalah, tetapi saya manfaatkan untuk mencari strategi terbaik untuk persiapan menghadapi gim ketiga," katanya.

Sementara pada gim ketiga, Vito bisa kembali ke permainan terbaik. Terus menyerang dan tidak memberi kesempatan lawan berkembang. "Dengan kok berat, susah juga kalau hanya bertahan. Lebih baik menyerang karena bertahan itu susah untuk mendapatkan poin," pungkasnya.

Berikut hasil pertandingan Indonesia melawan Thailand dalam penyisihan Grup A Piala Thomas:

  • Anthony Sinisuka Ginting vs. Kantaphon Wangcharoen 21-16, 22-24, 23-25
  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs. Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren 19-21, 21-18, 21-13
  • Jonatan Christie vs. Kunlavut Vitidsarn 10-21, 14-21
  • Fajar Alfian/Rian Ardianto vs. Natthapat Trinkajee/Tanupat Viriyangkura 21-9, 21-12
  • Shesar Hiren Rhustavito vs. Aldurach Namkul 23-21, 10-21, 21-8