(Piala Sudirman) Sumbang Poin, Greysia/Apriyani Tambahkan Keunggulan

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Meski sempat mengalami sedikit tekanan, namun pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akhirnya berhasil mempersembahkan satu poin tambahan untuk Merah Putih usai memenangi duel atas Lauren Smith/Chloe Birch dengan skor 21-16 dan 21-18 di partai keempat babak penyisihan Grup B Piala Sudirman 2019 yang berlangsung di Guangxi Sport Center, Nanning, Tiongkok, Minggu (19/5). Dengan demikian, untuk sementara Indonesia unggul 4-0 atas Inggris.

“Di game pertama kita mempercepat tempo, kita coba ubah pola dari awalnya ikuti main drive, setelah instruksi dari pelatih dan komunikasi dengan kak Greys, kita ubah pola jadi diperlambat dan atur penempatan bolanya,” ungkap Apriyani Rahayu mengenai permainan.

Greysia/Apriyani sempat beberapa kali tertinggal dalam perolehan angka. Di game kedua, ganda putri peringkat lima dunia inipun sempat kembali tertinggal 15-17, namun peraih gelar juara India Open 2019 BWF World Tour Super 500 ini berhasil membalikan keadaan dan unggul 18-17.

“Di saat tertinggal itu kita maksa untuk bisa ambil satu poin, bagaimana caranya bisa menang dulu dan nggak mau terjadi rubber game. Atasinya dengan pikiran mau menang,” jelas Greysia soal kiat atasi tekanan saat kondisi poin tertinggal.

Dalam kondisi kritis 19-18, Greysia/Apriyani mampu bermain lebih tenang. Satu smash keras dari Greysia menjadi penutup perlawanan atas Smith/Birch sekaligus mengantarkan keunggulan 4-0 untuk Indonesia atas Inggris.

“Smith pemain ganda campuran, mereka berdua tangannya kuat. Percaya diri mereka tinggi, walau dalam keadaan tertekan, mereka selalu bangkit untuk ambil poin. Tipe pemain Eropa percaya dirinya memang tinggi sekali,” tutupnya.