(Piala Sudirman) Pilar Penopang

Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Shesar Hiren Rhustavito menjadi wakil sektor tunggal putra Indonesia di tim Piala Sudirman 2019.
Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Shesar Hiren Rhustavito menjadi wakil sektor tunggal putra Indonesia di tim Piala Sudirman 2019.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito dipercaya menjadi pilar-pilar penopang kekuatan tim beregu campuran Indonesia di Piala Sudirman 2019 melalui sektor tunggal putra. Sebagai salah satu nomor yang diandalkan untuk merebut angka kemenangan, Anthony cs diharapkan mampu mempersembahkan hasil terbaik pada kejuaraan yang berlangsung di Nanning, Tiongkok, 19 hingga 26 Mei mendatang.

Penampilan Anthony, Jonatan dan Shesar dalam beberapa waktu kebelakang memang memperlihatkan grafik yang menanjak. Kendati sempat merosot pasca membawa pulang gelar juara di ajang China Open 2018 BWF World Tour Super 1000, Anthony perlahan mulai bangkit dan berhasil menembus babak final di kejuaraan Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500.

Selain itu, tren positif juga berhasil diperlihatkan Shesar Hiren Rhustavito saat turun di kejuaraan Badminton Asia Championships 2019, April lalu. Tampil bukan sebagai unggulan, Shesar mampu memberikan kejutan dengan mengalahkan pebulutangkis tunggal putra terbaik yang dimiliki India saat ini, Kidambi Srikanth di babak pertama.

Bukan cuma Anthony dan Shesar, grafik meningkat juga dicatatkan Jonatan. Pekan lalu, di ajang New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300, pebulutangkis peringkat sembilan dunia ini sukses keluar sebagai kampiun. Bahkan pada penampilan sebelumnya di kejuaraan Malaysia Open 2019 BWF World Tour Super 750, Jonatan juga berhasil menorehkan hasil manis dengan mengalahkan dua juara dunia, yakni Kento Momota dari Jepang dan tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

“Namanya pertandingan beregu, kan semuanya punya tanggung jawab di tim. Tapi tiap sektor pasti punya rasa mau melakukan yang terbaik dan kalau bisa menyumbang poin, begitu juga kita dari tunggal putra. Kita akan lebih maksimalkan lagi penampilan di Piala Sudirman. Siapa pun yang diturunkan, baik saya, Anthony atau mas Vito (Shesar), kita pasti akan berjuang mati-matian untuk menyumbang poin bagi tim Indonesia,” beber Jonatan Christie.

Sementara itu, Chef de Mission Tim Piala Sudirman Indonesia, Achmad Budiharto mengatakan bila sektor ganda putra, ganda campuran dan tunggal putra, khususnya, merupakan nomor-nomor yang menjadi andalan bagi skuat Merah Putih. Sedangkan ganda putri dikatakan Budiharto sebagai sektor yang dijagokan untuk menyumbang poin kemenangan. Sementara itu, sektor tunggal putri juga diharapkan mampu memberikan kejutan, meski tidak terlalu diunggulkan.

Demi mematangkan persiapan, pasukan tunggal putra sudah mulai menjalani program persiapan menuju Piala Sudirman 2019 mulai Rabu (8/5) lalu, sepulangnya dari turnamen New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300. Tim Piala Sudirman Indonesia rencananya akan bertolak ke Nanning, Tiongkok, pada Rabu (15/5) mendatang.