(Piala Sudirman) Pasti Lolos, Indonesia Enggan Jumawa

Tim Piala Sudirman Indonesia.
Tim Piala Sudirman Indonesia. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Kekalahan 2-3 yang dialami Denmark atas Inggris, Senin (20/5) malam, lantas membuat posisi tim beregu campuran Indonesia kokoh di puncak klasemen Grup B Piala Sudirman 2019. Berbekal kemenangan 4-1 atas Inggris di laga pembuka fase penyisihan Grup B, Minggu (19/5), Indonesia sudah dapat dipastikan lolos ke babak perempat final. Meski begitu, Hendra Setiawan cs enggan jumawa dan ingin tetap tampil maksimal. Sebab, segala kemungkinan bisa saja terjadi.

“Kita tetap fokus dulu saja, karena kita mau tim kita bisa kasih yang terbaik di setiap pertandingannya,” kata Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti.

Pertandingan antara Indonesia dan Denmark ini akan menjadi laga terakhir di fase penyisihan Grup B Piala Sudirman 2019. Bila Indonesia menang, skuat Merah Putih keluar sebagai juara Grup B dan posisi runner up menjadi miliki Inggris dengan mengantongi satu kali kemenangan.

Sementara itu, Indonesia juga akan tetap lolos ke babak perempat final Piala Sudirman 2019 meski harus kalah dari Denmark, berapapun hasilnya. Bila Denmark menang 3-2, Indonesia akan tetap lolos, bahkan dengan status juara Grup B. Dan apabila Indonesia kalah 1-4  atau 0-5 pun akan tetap melaju ke perempat final sebagai runner up.

Meski begitu, Indonesia pastinya ingin mengamankan kemenangan sempurna dengan menurunkan kekuatan terbaik untuk menghadapi pertandingan besok (22/5). Pasalnya, Indonesia akan terhindar dari negara-negara unggulan bila berhasil keluar sebagai juara grup.

“Lawan Denmark bisa ramai ya. Kalau lihat dari head to head, ganda putra kita memang lebih unggul, begitu juga di ganda putri dan ganda campuran. Meskipun sudah tidak ada Christinna Pedersen, beberapa kali ganda campuran mereka juara, harus diwaspadai. Akan tetapi, ganda campuran kita juga sudah mulai mantab, kita yakin bisa atasi,” jelasnya.

“Kalau tunggal putra peluangnya 50-50, rekor pertemuannya menang-kalah. Secara kekuatan memang imbang, tapi kita optimis untuk bisa mengalahkan Denmark, dengan semangat dan motivasi lebih, kita yakin,” tandasnya.