(Piala Sudirman) Menang Tipis, Indonesia ke Semifinal

Selebrasi kemenangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia).
Selebrasi kemenangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim beregu campuran Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Sudirman 2019 lewat kemenangan tipis 3-2 atas Taiwan. Bertanding di Guangxi Sports Center Gymnasium, Jumat (24/5), pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti keluar sebagai penentu kemenangan bagi Indonesia di partai pamungkas setelah menang 21-17 dan 21-15 atas Wang Chi-Lin/Hsieh Pei Shan.

Turun di partai penentu, pasangan ganda campuran peringkat tujuh dunia ini tampil apik sepanjang pertandingan. Bahkan, Praveen/Melati yang bermain dengan penuh percaya diri inipun mampu menggempur pertahanan Wang/Hsieh dengan memegang kendali pertandingan. Meski begitu, Praveen/Melati mengaku sempat tegang sebelum memulai pertarungan.

“Ada rasa tegang sedikit, namanya main di partai penentu. Tapi lawan juga tegang, kita tidak memikirkan jadi penentu, yang penting main semaksimal mungkin. Kita juga saling mengingatkan, komunikasi terus, walau poin jauh, tapi jangan lengah,” ungkap Melati Daeva Oktavianti usai pertandingan.

“Kita sudah tahu main di partai terakhir, inginnya sih Indonesia menang 3-0, tapi sempat terpikir, kalau begitu kita nggak main, nggak ada sejarahnya buat saya sama Mely. Saya nggak ngedoain tim kalah, waktu tahu ketinggalan 1-2 dan Greysia/Apri main, kita harap semoga mereka menang dan kita main jadi tumpuan. Tapi kenapa malah saya jadi tegang ya di awal? Padahal tadi berharap turun main. Ada gugupnya, tapi ada penginnya juga,” jelas Praveen Jordan menambahkan.

Lewat pertarungan yang berlangsung selama 50 menit ini, Praveen/Melati terlihat banyak berkomunikasi. “Kalau matanya belum ngelihat mata saya, jadi diomongin terus. Saya nggak pernah marah selama main sama dia, kalau tadi saya nggak mau menujukkan, kadang ekspresi kita bukan kesal, tapi sayang poinnya. Takutnya nanti kebawa pikirannya dia,” kata Praveen soal komunikasi di lapangan.

Sementara itu, sebelum Praveen/Melati, dua poin kemenangan untuk Indonesia dipersembahkan sektor ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Sayang, Jonatan Christie dan Gregoria Mariska Tunjung belum berhasil menyumbang poin untuk Indonesia.

Di babak semifinal Piala Sudirman 2019 besok (25/5), Indonesia akan berhadapan dengan Jepang yang sudah lebih dulu lolos lewat kemenangan 3-0 atas Malaysia.

 

Berikut hasil lengkap pertandingan perempat final Piala Sudirman 2019:

Indonesia 3 – 2 Taiwan

  • Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Lee Yang/Wang ChiLin (21-17 dan 21-17)
  • Gregoria Mariska Tunjung vs Tai Tzu Ying (16-21 dan 14-21)
  • Jonatan Christie vs Chou Tien Chen (11-21 dan 13-21)
  • Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Pai Yu Po/Wu Ti Jung (21-13 dan 21-7)
  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Wang ChiLin/Hsieh Pei Shan (21-17 dan 21-15)