(Piala Sudirman) Indonesia Ditantang Taiwan

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) melepaskan serangan.
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) melepaskan serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Berdasarkan hasil undian yang berlangsung di Guangxi Sports Center Gymnasium, Rabu (22/5) malam, tim beregu campuran Indonesia yang merupakan juara Grup B akan berhadapan dengan runner up Grup C, Taiwan di babak perempat final Piala Sudirman 2019, Jumat (24/5) mendatang. Meski punya peluang untuk menembus babak semifinal, namun Hendra Setiawan cs mesti mewaspadai kekuatan Taiwan.

Ada tiga sektor yang menjadi kekuatan tim Taiwan. Pertama dari sektor tunggal putri. Taiwan dipastikan bakal menurunkan tunggal putri peringkat satu dunia, Tai Tzu Ying, dan kemungkinan besar, Indonesia akan diwakili Gregoria Mariska Tunjung. Tzu Ying tercatat pernah satu kali menang atas Gregoria pada kejuaraan BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 lalu.

Selanjutnya, kekuatan Taiwan hadir dari sektor tunggal putra melalui Chou Tien Chen. Bila dilihat dari catatan head to head, Indonesia punya Jonatan Christie yang diprediksi bisa membendung kekuatan Chou dengan rekor lima kali kemenangan tanpa sekalipun kekalahan. Terakhir kali keduanya saling bentrok di final Asian Games 2018 lalu, yang mengantarkan Jonatan meraih medali Emas.

Ancaman selanjutnya hadir dari nomor ganda putra. Lee Yang/Wang Chi-Lin yang saat ini berada di peringkat 26 dunia bisa saja menjadi batu sandungan bagi pasukan ganda putra Indonesia yang diperkuat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Ferlandi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Untuk itu, Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti menghimbau kepada para punggawa Merah Putih agar tetap siap dan fokus menghadapi laga perempat final nanti.

“Kalau jadi juara grup memang lebih baik karena tidak ketemu sesama juara grup. Taiwan kuat di nomor tunggal dan ganda putra. Tapi peluang kita lebih besar. Yang penting kita siap, untuk babak selanjutnya kan sudah sistem gugur, harus lebih konsentrasi, fokus dan all out. Semoga semua lancar,” kata Susy Susanti.

Lebih lanjut Susy mengatakan, hasil 2-3 yang didapat tim Indonesia atas Denmark di laga penutup babak penyisihan Grup B hari ini akan segera dievaluasi. “Soal hasil hari ini, akan ada evaluasi, diskusi sama pelatih semua sektor. Taiwan kalah dari Korea, ada kejutan, pasti mereka evaluasi juga,” tutupnya.

 

Berikut hasil undian perempat final Piala Sudirman 2019:

Pool atas:

Tiongkok vs Denmark

Korea vs Thailand

Pool bawah:

Indonesia vs Taiwan

Jepang vs Malaysia