PBSI Gelar Simulasi Jelang Kejuaraan Beregu

Greysia Polii & Apriyani Rahayu (Foto: PP PBSI)
Greysia Polii & Apriyani Rahayu (Foto: PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | PP PBSI menggelar pertandingan simulasi di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta, sebagai bagian dari persiapan Piala Sudirman, Piala Thomas, dan Piala Uber, pada 7-8 September 2021. Para pemain pelapis juga dilibatkan dalam pertandingan simulasi dengan format beregu campuran, layaknya format di Piala Sudirman, yang menurut rencana dilangsungkan di Vantaa, Finlandia, 26 September-3 Oktober 2021.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PBSI Rionny Mainaky, Senin (6/9), mengatakan, simulasi akan diikuti empat tim, yaitu Tim Garuda, Rajawali, Harimau, dan Banteng. Setiap tim, yang terdiri atas tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran, hanya akan bermain satu kali.

"Simulasi ini bertujuan untuk melihat kesiapan pemain yang akan masuk tim Piala Sudirman maupun tim Thomas-Uber. Saya mau melihat kesiapan pemain dari hasil latihan  beberapa minggu terakhir sebelum nanti menentukan nama. Saya ingin yang masuk tim adalah yang benar-benar siap," kata Rionny, dilansir Kompas.id.

Lebih lanjut Rionny menyatakan, bakal ada beberapa pemain senior yang absen serta pemain pelapis yang tampil. Bagi pemain pelapis, ini menjadi ajang seleksi. Pemain senior yang absen adalah Mohammad Ahsan, Gregoria Mariska Tunjung, Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Anthony Sinisuka Ginting. Hendra Setiawan dan Marcus Fernaldi Gideon pun akan dipasangkan dengan pemain muda. "Kondisi mereka belum memungkinkan unuk mengikuti pertandingan. Ada yang cedera ringan atau tidak fit, tetapi di sisi lain, ada juga pemain pelapis yang main," katanya.

"Ini sebagai ajang seleksi mereka karena ada beberapa nama yang diproyeksikan masuk tim. Ini kesempatan bagi mereka untuk membuktikan," Rionny, menambahkan.

Situs berita ini juga menyebutkan, di antara para pemain pelapis yang diberi kesempatan mengikuti seleksi, yakni dua bersaudara Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, Christian Adinata, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah.

Simulasi ini akan ditayangkan secara langsung di salah satu televisi swasta, mulai pukul 13.00 WIB. Jadwal simulasi:

Selasa, 7 September 2021
Tim Garuda vs Tim Rajawali

Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela
Ganda Putri: Apriyani Rahayu/Febby Valencia Dwijayanti Gani vs Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma
Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Pramudya Kusumawardana vs Hendra Setiawan/Moh Reza Pahlevi Isfahani
Tunggal Putra: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Christian Adinata
Tunggal Putri: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Saifi Rizka Nurhidayah

Rabu, 8 September 2021
Tim Harimau vs Tim Banteng

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja
Ganda Putri: Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Nita Violina Marwah/Putri Syaikah
Ganda Putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
Tunggal Putra: Jonatan Christie vs Shesar Hiren Rhustavito
Tunggal Putri: Putri Kusuma Wardani vs Stephanie Widjaja